Deputi Kesbang Kemenko Polhukam RI Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa USM

Deputi Kesbang Kemenko Polhukam RI Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa USM

KAMPUSPEDIA.ID – Deputi VI/Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Dr Janedjri M Gaffar MSi, memberikan materi tentang “Pembinaan Kesadaran Bela Negara Serta Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara” kepada 800 lebih mahasiswa Universitas Semarang (USM), saat kuliah umum secara hybrid yaitu daring dan luring, pada Sabtu (19/3).

“Perguruan tinggi dan mahasiswa yang menekuni dan mengembangkan berbagai macam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran strategis dalam pertahanan negara melalui pembinaan kesadaran bela negara,” ungkap Dr Janedjri.

“Spektrum bela negara saat ini tidak selalu dalam bentuk aktivitas fisik mengangkat senjata, tetapi meliputi segala upaya untuk memperkuat negara dalam mewujudkan cita-cita nasional,” lanjut Dr Janedjri.

Hadir dalam kesempatan tersebut Prof Sudharto P Hadi PhD (Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip), Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM (Ketua Pengurus Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip), Dr Supari ST MT (Rektor Universitas Semarang), serta para wakil rektor dan dekan fakultas USM.

Dalam sambutannya Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi PhD menambahkan bahwa ketika di tempat kerja nantinya, masalah di dunia kerja tidak bisa diselesaikan dengan satu bidang ilmu namun dengan pendekatan berbagai multidisiplin.

“Inilah pentingnya soft skill, pentingnya kerja sama dengan pihak lain, pandanglah USM ini seperti kawah candradimuka untuk menggodok anda bukan saja ahli terampil tetapi juga memiliki kekampuan kepemimpian, kemampuan komunikasi dan kerjasama sehingga kelak lulusan USM adalah lulusan sarjana yang paripurna yang bukan saja ahli tetapi dilengkapi kemampuan memecahkan masalah dengan baik,” sambut Prof Sudharto.

Kemudian dalam sambutannya Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM berharap para mahasiswa terus memiliki rasa semangat dalam belajar untuk bisa meraih kesuksesan dan mampu mengambil ilmu sebanyak-banyaknya saat sedang menuntut ilmu di USM.

BACA JUGA  BEM USM Gelar Workshop Digital Marketing

“Dan kami berharap semua mahasiswa bisa meraih sukses, jangan malas untuk belajar, semoga ilmu yang didapat dari USM bisa bermanfaat dan mendapat keberkahan,” sambut Ketua Pengurus Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip).

Sementara itu, dalam sambutannya Dr Supari ST MT menekankan kepada para mahasiswa untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada di kampus.

“Jadi relevansi antara kesibukan perguruan tinggi itu didekatkan erat dengan kebutuhan masyarakat. ini saya kira selaras dengan salah satu progamnya mas menteri yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Oleh karena itu para mahasiswa silahkan memanfaatkan sebesar-besarnya semua fasilitas dan sumber daya yang ada di USM,” ungkap Dr Supari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *