Dosen FE USM Berikan Pelatihan Digital Marketing UMKM Ngesti Rempah

SEMARANG- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan tentang strategi digital marketing kepada UMKM Ngesti Rempah Semarang pada Selasa 30 Mei 2023. 

Kegitan pelatihan dilakukan dengan memberi pelatihan dan pendampingan secara langsung tentang cara penggunaan aplikasi-aplikasi digital marketing. Para pemilik UMKM diajarkan cara membuat e-booklet dan iklan digital menggunakan aplikasi Canva melalui smartphone. 

Selain itu mereka juga diberi pengetahuan tentang pentingnya penggunaan hastag yang tepat sebagai salah satu strategi promosi online. 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi USM yaitu M.A Graciafernandy, S.T., S.M., M.T., M.M., Dr. Elisabeth Rotua Simamora, S.Sos., M.M.,M.I.Kom, Eko Usriyono, S.E., M.M. Selain itu kegiatan PKM ini juga melibatkan dua mahasiswa Fakultas Ekonomi yaitu Michael Yusuf dan Dwi Aji Kusuma.

Menurut Elisabeth, penggunaan digital marketing dirasa sangat penting bagi perkembangan UMKM-UMKM saat ini. 

“Penggunaan digital marketing dapat menjangkau pasar yang luas dan tertarget, penghematan biaya pemasaran dan kemudahan untuk melalukan promosi merupakan beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan pemanfaatan digital marketing ini. Pengunaan media sosial sebagai sarana promosi diharapkan berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk-produk UMKM,” ungkap Elisabeth.

“Pelaku UMKM dapat dengan mudah mempromosikan produk yang dijual melalui smartphone yang dimiliki. Harapannya dengan gencar melakukan iklan digital di media sosial maka produk-produk UMKM ini tidak hanya menjangkau pasar lokal, namun lebih dari itu dapat menjangkau seluluruh daerah di Indonesia”, tutur Graciafernandy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *