Dosen FTIK USM Beri Pelatihan Materi Desain untuk Siswa SMK NU 01 Kendal

KAMPUSPEDIA.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan kepada siswa SMK NU 01 Kendal Jurusan Tata Boga dengan materi desain fliyer produk untuk promosi di media sosial , pada Jumat, 27 Mei 2022.

Tim pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Saifur Rohman Cholil MKom dengan anggota April Firman Daru Mkom, dan Shona Chayy Bilqisth, MKom, serta dua Mahasiswa FTIK USM Bagas Akbar Maulana dan Amelia Ulvina Bela.

Saifur Rohman Cholil, M.Kom menjelaskan tujuan tim pengabdi dari USM adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM Di Kelurahan Ngesrep.

“Maksud serta tujuan tim pengabdi dari USM adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan Siswa SMK 01 Kendal tentang desain flyer yg bisa digunakan untuk pemasaran online pada media sosial, Selain itu juga dijelaskan pentingnya membuat berbagai macam desain fliyer secara cepat sehingga proses promosi online dapat berkesinambungan,” jelas Cholil.

“Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta seputar berbagai macam desain produk untuk keperluan promosi membuktikan ketertarikan peserta dalam mempelajari materi pelatihan, serta Kepala sekolah SMK 01 Kendal menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,” lanjutnya.

Sementara itu Shona Chayy Bilqisth MKom memberikan penjelasan materi tentang desain promosi secara mudah menggunakan aplikasi Canva.

“Canva adalah sebuah situs sekaligus aplikasi yang menyediakan tools untuk membuat desain grafis dan publikasi online. Canva kini menjadi salah satu aplikasi yang digemari karena terbilang mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Siswa SMK NU 01 Kendal dapat mengakses Canva melalui website, aplikasi PC, maupun handphone. Hal ini tentu semakin memudahkan para siswa berkreasi di manapun dan kapanpun,” ungkap Shona.

BACA JUGA  Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM : 4 Elemen yang Menjadi Pilar Bagi Manajemen Strategi

Dalam PKM ini Mahasiswa berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen-komponen pelatihan dan membuat dokumentasi kegiatan seperti foto dan video.April Firman Daru MKom menambahkan, perkembangan aplikasi untuk membuat desain promosi terus berkembang, bahkan sekarang sudah ada yg instant dan dapat dikerjakan di HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *