Dosen Teknik Elektro USM Berikan Pelatihan Pemanfaatan Automatic Transfer Switch di SMKN 1 Tengaran

SEMARANG- Dosen Teknik elektro Universitas Semarang (USM) memebrikan Pelatihan Pemanfaatan ATS (Automatic Transfer Switch) sebagai Automatis system hybrid pada panel Solar cell di SMKN 1 Tengaran Kabupaten Semarang pada 5 September 2023.

Pelatihan ini digelar oleh Tim pengabdian masyarakat  Teknik Elektro USM yang terdiri Ery Sadewa S.T., M.T, Yusuf Nurul Hilal, S.T., M.T dan Taufiq Dwi CAHYONO S.T., M.T.    dan melibatkan mahassiwa antara lain  Hany Nur Fajarwati, Mailanny Puspita Sari, William.                  

Menurut Ery Sadewa  bahwa pemadaman listrik dapat mengakibatkan terganggunya kontiunitas pelayanan terutama pada aktivitas pelayan pada sektor perdagangan, perhotelan, rumahsakit, maupun industri. 

“Dewasa ini penyaluran energi listrik PLN sering terjadi kegagalan dalam pendistribusian dikarenakan faktor internal maupun faktor eksternal, untuk memenuhi kebutuhan kontiniunitas akan energi listrik maka diperlukan sumber energi listrik lain sehingga jika terjadi pemadaman listrik dari PLN kebutuhan konsumen akan energi listrik tidak terganggu,” ungkap Ery Sadewa.

“Sumber-sumber energi listrik ini bersifat sementara untuk melayani beban listrik dalam pemanfaatan energi listrik PLN menjadi sumber energi utama. Pengunaan dua sumber listrik ini sering dinamakan SYSTEM HYBRID dimana terdapat komponen yang disebut ATS (Automatic Transfer switch), ATS adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan koneksi antara sumber tegangan listrik satu dengan sumber tegangan listrik lainnya secara automatis. atau bisa juga disebut Automatic COS (Change Over Switch). ATS dalam alat ini dapat bekerja dengan baik pada proses switching secara otomatis,” tambahnya.

Pada saat PLN terjadi pemadaman, terdapat penundaan waktuselama ± 6 detik sebelum energi dari PANEL SOLARCELL melakukan starting sebelum mensupply listrik dari solarcell. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen-komponen agar tidak rusak jika kadang kala PLN terjadi pemadaman sesaat.

Sementara Yusuf Nurul Hilal mengatakan pada pengabdian masyarakat ini diberikan pelatihan tentang pemasangan ATS  pada panel solar cell sebagai sumber tegangan listrik ketika PLN padam untuk siswa dan siswi SMKN 1 Tengaran, Kab. Semarang.

BACA JUGA  Tim PkM FE USM Gelar Sosialiasi Investasi Emas pada Guru SD dan SMP Kuncup Melati, Semarang

Pelatihan yang diberikan berupa pemberian penjelasan materi tentang ATS, Solar cell dan baterai lithium-ion, kemudian dilanjutkan praktek langsung dengan menggunakan perangkat-perangkat elektronik. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan lain kepada para siswa tentang perkembangan energi baru terbarukan yang terjadi saat ini, terutama dalam penggunaan di solarcell serta perangkat elektronika lainnya.

Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adalah kurangnya pengetahuan masyarakat / Siswa SMK tentang penjelasan secara detail melalui pendekatan teoritis mengenai permasalahan dasar perangkat ATS pada penggunaan pada system hybrid.

Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah memberikan pelatihan kepada siswa-siswa SMKN 1 Tengaran tentang bagaimana melakukan pemasangan ATS yang berfungsi sebagai switching daya PLN dengan daya Panel Solarcell.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *