KAMPUSPEDIA.ID – Pandemi Covid-19 merubah perilaku UMKM bermigrasi dari bisnis offline ke daring. Digitalisasi UMKM ini menuntut pelaku bisnis harus kreatif berkomunikasi dengan target market dengan tepat.
Untuk itu, Rabu (6/7) mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Sosial Media Untuk Menunjang Promosi UMKM Kecamatan Gayamsari.
Kegiatan yang diikuti 30 anggota Gerakan Terintegrasi Masyarakat Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai KOPIMI) Kecamatan Gayamsari di Balai Kecamatan Gayamsari ini belajar mengemas pesan yang tepat melalui teknik copywriting.
Dosen Ilmu Komunikasi, Edi Nurwahyu Julianto dalam penyampaian materinya memaparkan kunci sukses dalam copywriting adalah dengan mengkombinasikan masalah konsumen dan keunggulan dari produk yang dimiliki.
“Membuat caption jangan terlalu panjang. Mulailah dengan membuat kalimat yang berangkat dari problematika konsumen dan bagaimana produk kita bisa menjawab masalah tersebut. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan, salah satunya PAS (Problem, Agitate dan Solve)”
Disamping belajar membuat pesan dengan teknik copywriting. Para pelaku UMKM didampingi mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM berlatih melakukan pemotretan produk dan mengedit konten menggunakan aplikasi canva.
“Ternyata saya baru tahu ada template desain yg praktis bisa dipakai untuk membuat materi promosi. Dan ini bermanfaat dan langsung saya terapkan untuk promosi produk brownies saya” ujar Peserta Workshop, Widi.
Ketua Workshop, Destia Rochmadani mengaku kegiatan ini sebagai aksi nyata mahasiswa matakuliah Komunikasi Pembangunan terjun langsung ke masyarakat memberikan pelatihan yang output nya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.