Kampus  

Jurnal Sinta 2 Terus Bertambah, USM Targetkan Banyak Jurnal Bereputasi Internasional

KAMPUSPEDIA – Universitas Semarang (USM) terus menorehkan prestasi dalam bidang jurnal dan publikasi. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya jurnal-jurnal di lingkungan USM yang mendapatkan akreditasi Sinta 2 yaitu Jurnal The Messenger.

Jurnal The Messenger dikelola program oleh program studi S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM.

Prestasi terbaru berdasarkan hasil akreditasi jurnal ilmiah periode II tahun 2020 dan telah diterbitkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi Nomor 148/M/KPT/2020 Tanggal 16 September 2020 terdapat beberapa jurnal USM yang terakreditasi SINTA 3 antara lain Jurnal IUS Constituendum, Transformatika dan USM Law Review.

Jurnal IUS Constituendum merupakan jurnal Ilmu Hukum yang dikelola oleh Program Studi Magister ilmu Hukum USM, Jurnal Transformatika merupakan jurnal terkait ilmu teknologi informasi,  sedangkan USM Law Review merupakan jurnal yang dikelola oleh Program studi S1 Ilmu Hukum USM.

Prestasi yang didapatkan oleh jurnal-jurnal USM tidak terlepas dari dukungan USM, baik dukungan operasional jurnal, program percepatan akreditasi, sampai program percepatan jurnal bereputasi internasional di lingkungan USM. Dukungan universitas melalui UPT Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah Dosen (P3ID) ini ditegaskan oleh Kepala UPT P3ID Dyah Nirmala Arum Janie. 

“Pencapaian Sinta 2 ini tidak terlepas dari berbagai pengelola jurnal di lingkungan USM dalam mendorong jurnal-jurnalnya untuk terus maju dan berkembang baik di level nasional maupun internasional,” ujar Dyah pada sosialisasi pengelola jurnal di ruang sidang USM, Kamis (20/01/2022).

Setelah banyak jurnal di lingkungan USM yang terakreditasi nasional, maka setelah ini USM menargetkan beberapa jurnal terakreditasi internasional. “Harapanya jurnal-jurnal di USM dapat terus meningkat, bahkan sampai terindeks scopus ataupun WoS dalam waktu dekat ini. Selanjutnya, setelah terindeks internasional para penulis yang akan berkontribusi semakin bertambah, tidak hanya berasal dari USM, melainkan dari berbagi universitas lain bahkan mancanegara,” tambahnya.

BACA JUGA  LPPM USM Beri Pembekalan DPL KKN BV–V

Dalam mencapai hal tersebut UPT P3ID berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi karya ilmiah dosen dengan mengadakan pendampingan jurnal, tukar menukar jurnal serta reviewer dan memberikan dana, sehingga kurun waktu satu tahun ke depan USM diharapkan dapat meningkatkan tujuh jurnal terindeks Sinta 2. 

“Kami berencana meningkatkan indeksasi karya ilmiah dosen, 20 jurnal yang terbit di link USM tentunya masih sangat minimalis. Setiap semester sekali kita rencananya akan mengadakan pendampingan jurnal, dengan pendampingan jurnal tersebut akan ada kerja sama jurnal, tukar menukar jurnal serta review” terang Dyah. NT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *