Kampus  

Magister Psikologi USM Sukses Gelar Webinar Resource Therapy

SEMARANG – Program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Semarang (USM) sukses menggelar Webinar Resource Therapy dengan tema ”Pengenalan Dasar-Dasar Resource Therapy” pada Minggu (18/12/2022) yang diselengarakan secara online melalui zoom meeting dan secara offline di Gedung B Ruang Sidang Utama USM.

Ketua Program Studi Magister Psikologi Universitas Semarang, Dr Mulya Virgonita mengatakan, tujuan kegiatan untuk menambah kompetensi mahasiswa yang tidak didapatkan selama di perkuliahan.

”Tujuannya supaya mahasiswa memiliki kompetensi lebih setelah nanti mendapatkan gelar. Jadi, tidak hanya materi yang ada di perkuliahan, tapi juga materi lain di luar perkuliahan,” kata Mulya.

Dia menambahkan, Magister Psikologi mengadakan macam-macam kegiatan seperti webinar, workshop, dan lain sebagainya di setiap semester. Berbeda di semester lalu, pada semester ini lebih fokus pada kebutuhan untuk kompetensi di lapangan terkait dengan masalah psikologi.

”Iya, disetiap semester kami mengadakan kegiatan-kegiatan semacam ini. Di semester lalu, lebih fokus kepada metodologi penelitian, pembuatan jurnal dan kegiatan lain. Untuk semester ini, karena kebutuhan untuk kompetensi di lapangan terkait dengan problem-problem psikologi cukup banyak. Maka, kami berpikir perlu membekali mahasiswa khususnya Resource Therapy,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, webinar ini pada awalnya ditujukan untuk umum, namun karena anggapan masyarakat terkait topik yang diangkat dalam webinar ini, panitia tujukan secara spesifik untuk mahasiswa, dosen dan masyarakat dengan latar belakang psikologi.

”Awalnya sudah kami umumkan, webinar ini untuk umum, tapi karena topiknya Resource Therappy, bayangan teman-teman yang lain webinar ini khusus untuk psikologi. Akhirnya webinar ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen dan teman-teman magister, tapi pokoknya yang punya latar belakang psikologi bisa ikut,” tuturnya.

BACA JUGA  Rektor USM : Pengusaha Dikalangan Mahasiswa Diharap Menjadi Inspirator

Kegiatan yang diikuti 100 peserta tersebut menghadirkan narasumber Prof.Dr.Dra.Hardani Widhiastuti,M.M.,Psikolog.
Dia mengatakan, pihaknya terkejut dengan antusias peserta dalam mengikuti webinar ini luar biasa. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan berdiskusi mengenai topik yang diangkat serta materi yang disampaikan menarik.

”Antusias peserta sangat luar biasa, saya sangat surprise. Sebab biasanya kalau webinar, kadang-kadang peserta hanya mendengarkan dan ketika sesi tanya jawab tidak ada yang bertanya. Namun webinar kali ini baik offline dan online banyak yang rebutan untuk bertanya dan diskusinya sangat menarik. Materi yang disampaikan lebih pada dasar Resource Therapy itu apa, yang di explore apa, bagian mana, kemudian juga diberikan contoh-contoh kasus,” imbuhnya.

Dia berharap, ke depan dapat mengadakan kegiatan serupa dengan topik yang berkaitan dengan psikologi. Dia berencana semester depan akan direncanakan mengenai lanjutan dari topik webinar Resource Therapy.

”Dilihat dari antusiasme peserta yang luar biasa, dan kemarin saya lihat kehausan banget tentang psikologi, maka ke depan, kami akan menspesifikasikan webinar terkait psikologi. Peserta juga menginginkan ada lanjutan dari Resource Therapy ini, dan kami telah berbincang dengan narasumber, untuk di semester depan diadakan lanjutan dari webinar Resource Therapy. Nanti juga akan ada khusus webinar tentang kepribadian,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *