SEMARANG- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang, (FE USM) kali ini mengadakan kegiatan ditujukan bagi guru-guru yang mengajar di Sekolah Kuncup Melati Semarang,sekolah ini menyediakan pembelajaran dari tingkat TK,SD sampai SMP. Pada kesempatan ini tim pengabdi mengadakan kegiatan dengan tema “ Optimalisasi Penggunaan Media Promosi Yang Efektif Untuk Menjaring Siswa Bersekolah di Kuncup Melati Semarang “ dilaksanakan bertempat di sekolah Kuncup Melati Jl. Gg. Lombok No.60, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188 berlangsung pada tanggal 02 Mei 2024.
Kegiatan ini dihadiri 25 guru-guru yang mengajar di TK,SD dan SMP ,dihadiri juga oleh Kepala Sekolah TK Ibu Elisabeth Heni Astuti,Kepala Sekolah SD Ibu Purwaningsih dan Kepala Sekolah SMP Ibu Amita Budiyani,S.Pd.B.,M.Pd.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang dengan ketua Masine Slahanti,S.E.,M.M bersama anggota Rini Indah Sulistyowati, S.Pd., M.Pd. dan Sofyandanu Setiadi, S.Pd., M.Pd didampingi oleh mahasiswa Aiko Salsabilah serta Hendri Kurniawan
Menurut Masine Slahanti bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman serta berdiskusi tentang mengoptimalkan penggunaan media promosi yang efektif didalam menjaring siswa-siswa bersekolah di Kuncup Melati.
“Sekolah-sekolah didalam menjaring siswa-siswa bersekolah dapat sarana promosi.Promosi ini dapat dilakukan berbagai macam cara dan sarana diantaranya media sosial disamping itu dapat lewat brosur,banner,baliho,iklan dimana inti dari promosi tersebut memberikan informasi kepada masyarakat sehingga dapat mencari tujuan dalam hal ini adalah menjaring murid-murid untuk sekolah,” ungkap Masine Slahanti .
Rini Indah Sulistyowati, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa bahwa media sosial promosi yang sekarang lebih efektif karena bisa membagikan kegiatan murid-murid sekolah Kuncup Melati dengan tayangan di media sosial lewat video kreatif
Kegiatan yang diakhiri dengan sesi tanya jawab , mendapat repson dan tanggapan yang responsif dari para guru serta beberapa penjelasan dari Kepala Sekolah.Ada beberapa pertanyaan diajukan oleh para guru .Kemudian ada juga sesi berbagi pengalaman berkaitan dengan kegiatan promosi yang sudah dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk menjaring minat siswa bersekolah di Kuncup Melati .Sekolah Kuncup Melati selama ini sudah melaksanakan kegiatan promosi untuk menjaring siswa-siswa ,dengan menggunakan beberapa media termasuk media sosial namun ada beberapa kendala salah satunya adalah kendala external, dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini pada akhirnya akan ada kegiatan promosi yang akan dioptimalkan dan lebih efektif