Kampus  

Perkuat Mutu Pengelolaan ke-BIPA-an, BBJ-USM Selenggarakan FGD dengan PNB Bali

SEMARANG – KAMPSUPEDIA.ID-Bina Bahasa Jaya (BBJ) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Mutu ke-BIPA-an, sebagai penguatan kerja sama, pada Rabu (23/11) di ruang meeting BBJ USM.

Hadir dalam acara tersebut narasumber pengajaran dan pengelolaan ke-BIPA-an dari Politeknik Negeri Bali (PNB) Drs. Ida Bagus Artha Adnyana, M.Hum., Dra. Ni Putu Somawati, M.M., I Putu Yoga Laksana, S.Pd., M.Pd., serta segenap pengurus BBJ USM mulai dari kepala BBJ, seKretaris, penjamin mutu, dan bendahara.

Dalam sharing session mengenai pengelolaan dan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Politeknik Negeri Bali, kepala program pembelajaran BIPA PNB Drs. Ida Bagus Artha Adnyana, M.Hum menuturkan bahwa sudah saatnya bahasa Indonesia mendunia.

“Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing adalah untuk mempersiapkan pengajar-pengajar Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan aktif baik dalam lisan maupun tulisan berdasarkan kurikulum yang telah dirancang. sudah saatnya bahasa Indonesia mendunia,” tuturnya.

Ida menambahkan PNB siap memberikan pengalaman-pengalamnanya kepada BBJ USM dalam pengelolaan dan pembelajaran BIPA kedepannya.

Forum diskusi ini sebagai agenda tidak lanjut dari kunjungan Politeknik Negeri Bali ke Bina Bahasa Jaya (BBJ) Universitas Semarang seminggu sebelumnya dalam rangka monitoring dan pengambilan data aktivitas relawan asing dari negara Pernacis yang menjadi volunteer di BBJ USM selama 4 bulan dari mulai bulan Oktober 2022 sampai Januari 2023.

Salah satu aktivitas yang dilakukan relawan perancis di BBJ USM diantaranya aktivitas yang sharing budaya dan bahasa kepada para mahasiswa di kelas serta memberikan pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Perancis mulai dari level beginner.

Relawan tersebut juga diberikan pelatihan BIPA oleh BBJ yang merupakan salah satu program pelayanan pelatihan bahasa Indonesia yang diberikan untuk mahasiswa asing. Program BIPA di BBJ ini menarik perhatian dari Tim Kedaireka PNB untuk berkunjung dan melihat secara langsung aktivitas pembelajaran BIPA di BBJ USM

BACA JUGA  Dua Tim Kewirausahaan Mahasiswa USM Lolos Dalam Ajang Expo Wiarusaha Tingkat Nasional di Surabaya

FGD ditutup dengan pemberian cinderamata oleh masing-masing institusi serta kampus tour dengan mengunjungi beberapa tempat di USM diantaranya di gedung menara USM yang lengkap dengan fasilitas perpustakaan pusat, ruang teleconference, roof top Swimming pool, serta berkunjung ke ruang Radio USM untuk melakukan podcast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *