Berita  

Prof Mahfud MD Akan Beri Kuliah Umum di Pakem USM

Prof Mahfud MD Akan Beri Kuliah Umum di Pakem USM

KAMPUSPEDIA.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Prof Dr Mahfud akan memberikan Kuliah Umum pada Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (Pakem) Universitas Semarang Semester Gasal 2022/2023. Tema yang akan disampaikan ketua Dewan Penyantun Yayasan Alumni Undip itu adalah ”Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda”.

”Materi tentang wawasan kebangsaan bagi generasi muda sangat penting disampaikan, karena generasi muda adalah penerus bangsa. Sebagai penerus bangsa, generasi muda ini perlu dibekali materi ini agar dapat menangkal degradasi moral anak bangsa, serta meningkatkan keahlian dan pengambangan karakter yang sejalan dengan prinsip demokrasi,” kata Wakil Rektor III USM, Dr. Muhammad Junaidi SHI MH.

Kegiatan Pakem akan diselenggarakan pada 3-4 September 2022 secara hybrid yaitu daring dengan zoom meeting dan luring di Gelora Prof Sudharto USM.

”Kegiatan Pakem diselenggarakan setiap tahun. Tujuannya untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru USM tentang USM, seperti mengenalkan beberapa unit yang nanti akan dibutuhkan mahasiswa saat perkuliahan, di antaranya unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Unit Penunjang Nonstruktural (UPNS) seperti unit Entrepreneur Development Center (EDC), Pusat Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM), USM Career and Alumni Center (UCAC), serta pengelolaan beasiswa,” ujarnya.

Kegiatan Pakem ini diawali dengan upacara yang dihadiri antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah, Rektor USM, para wakil Rektor USM, Dekan, dan ketua program studi. Setelah upacara, katanya, ada beberapa materi yang akan disampaikan kepada mahsiswa baru di hari pertama yaitu materi pertama adalah kuliah umum dengan tema ”Wawasan Kebangsaan bagi Geneasi Muda”.

BACA JUGA  73 Angota PMR MAN 1 Kota Semarang Dilantik

Materi kedua tentang ”Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia. Kemudian materi ketiga adalah pengenalan terkait kemahasiswaan dan alumni, Badan Penjaminan Mutu (BPM), Unit MBKM, UPNS (EDC, PPKM, UCAC, dan Pengelolaan Beasiswa), UPT Pangkalan Data, UPT Komputer, UPT Perpusatakaan, dan Poliklinik.

Materi keempat tentang pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (Orma) USM seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USM, Dewan Mahasiswa (DEMA) USM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), antara lain UKM Bulu Tangkis, Sepak Bola, Tae Kwon-do, dan lain-lain.

”Hari kedua Pakem, para mahasiswa baru diajak ke Fakultas untuk perkenalan pengelola fakultas, pengenalan sistem pembelajaran, perwalian, Kartu Rencana Studi (KRS), dan perkenalan Orma fakultas.

”Kami berharap, Pakem berjalan baik sehingga mahasiswa dapat kuliah dengan lancar. Selain itu, juga dengan adanya materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Prof Mahfud dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang wawasan kebangsaan, serta meningkatkan moral yang dimiliki mahasiswa yang akhirnya dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai generasi muda,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *