Berita  

Ribuan Jamaah Padati MAJT, Wagub Taj Yasin Serahkan 39 Hewan Kurban : Tetap Waspada Terhadap Wabah PMK

Ribuan Jamaah Padati MAJT, Wagub Taj Yasin Serahkan 39 Hewan Kurban : Tetap Waspada Terhadap Wabah PMK

KAMPUSPEDIA.ID – Ribuan jamaah melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jl Gajah Raya Semarang, Minggu (10/7) pagi tadi.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyerahkan sebanyak 39 ekor hewan kurban, diantaranya 11 ekor sapi dan 28 ekor kambing dari sejumlah pihak, termasuk dirinya seusai shalat.

Dia berpesan agar masyarakat terus waspada terhadap wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkit hewan-hewan ternak.

Taj Yasin bertindak selaku khatib dalam khotbahnya mengatakan, umat Islam Indonesia terbukti dapat berjuang dan berkorban dengan semangat persaudaraan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi ditambah wabah PMK.

“Semuanya harus mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT,” katanya di hadapan ribuan jamaah termasuk panitia dan Ketua PP MAJT Prof Dr H Noor Ahmad MA, Sekretaris PP MAJT H Muhyiddin, Ketua Panitia Idul Adha MAJT, Dr H Nur Khoirin YD, H Norhadi, H Ahyani, H Isdiyanto Isman, dan sejumlah panitia maupun pengurus MAJT.

Saat menuju ke MAJT, Taj Yasin mengendarai Vespa PX berangkat dari rumah dinas Wagub sekitar pukul 06.00 WIB.

Usai shalat, Gus Taj Yasin berpesan kepada masyarakat, diimbau agar tertib dalam memilih hewan, termasuk mengecek kondisi kesehatan maupun kelayakan hewan kurban, serta selalu berkoordinasi dengan instansi kesehatan terkait PMK dan Covid-19.

“Di Jawa Tengah, kami sudah mengedarkan kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota, untuk mengawasi RPH (rumah pemotongan hewan), serta menertibkan bagaimana berlangsungnya penyembelihan hewan kurban. Kita dorong ke RPH, supaya tidak ada kerumunan serta menghindari penularan Covid-19 dan PMK,” kata Wagub.

Dia meminta seluruh Juru Sembelih Halal (Juleha) di Jawa Tengah untuk terjun ke masyarakat.

BACA JUGA  Mahasiswa USM Raih Juara Harapan 2 Peksimida 2022

“Pemprov Jateng telah melatih para Juleha. Kami berharap para Juleha dapat mempraktikkan ilmunya saat ini.”

Kepada juru sembelih di kampung-kampung, dia juga mengimbau untuk melaporkan kesehatan hewan kurban, karena bukan hanya untuk disembelih, tetapi ini juga berkaitan dengan masyarakat yang mengonsumsi, sehingga harus halal dan higienis.

“Kalau ada hewan yang sakit hentikan dahulu atau diundur, karena penyembelihan bisa dilakukan hingga tiga hari ke depan,” tandasnya.

Ketua Panitia Idul Adha MAJT, Dr H Nur Khoirin YD menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya shalat Idul Adha di MAJT.

“Alhamdulillah pelaksanaan shalat Idul Adha berjamaah di MAJT berjalan lancar dan tertib. Sesuai dengan kapasitas Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung sekitar 20 ribu jemaah, dan tiga pintu akses masuk dibuka, sehingga lalu lintas pun tidak begitu macet,” ujar Ketua Panitia Idul Adha MAJT, Dr H Nur Khoirin MAg, usai shalat berjamaah.

Pada Idul Adha 1443 H penerimaan hewan kurban di MAJT sebanyak 11 sapi, 25 ekor kambing dan domba.

Pelaksanaan penyembelihan herwan kurban akan dilaksanakan pada Senin 11 Juli 2022 mulai pukul 07.00 WIB.

Bagi para mudhahhy atau sahibul kurban bisa menyaksikan penyembelihan pada hari Senin.

“Panitia juga mengharapkan kehadiran para mudhahhy dan panitia maupun pengurus MAJT menyaksikan penyembelihan hewan kurban tersebut,” ujar Nur Khoirin.

Hewan kurban dari mudhahhy, untuk 11 hewan kurban sapi berasal dari Udinus, BPN, Walikota, SPHC, Baznas Pusat, Bank Jateng, MAJT, Wagub Jateng, Kapolda Jateng, Gubernur Jateng.

Untuk hewan kurban sapi dari Walikota Semarang, secara khusus diserahkan oleh Wakil Walikota Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Sedangkan kurban kambing di antaranya berasal dari Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji, BTN Syariah, Dandim Salatiga, Hotel Santika, Korem Yogyakarta, PT Djarum, Bapenda Provinsi Jateng, BPR Kedung Arto, Alm Hendro Suroyo bin Sumowigoyo, Alm Etty Suicanti binti Sunarjo, PT Prima Mitra Laksana, H Harsono, Kamal, Yumna, dan Puji Anggoro, dan Ratna Binti Ibrahim.

BACA JUGA  Bukan Wisudawan Terbaik Tapi Namanya Disebut Rektor USM

Ketua PP MAJT, Prof Dr H Noor Ahmad MA menyampaikan terima kasih atas kepada para mudhahhy atas kepercayaan yang diberikan kepada MAJT.

“Daging hewan kurban selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima, baik di lingkungan sekitar MAJT, maupun di lingkungan masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *