Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi USM Gelar Seminar Pengembangan Anak Usia Dini pada Siswa TK Negeri Sendang Mulyo

KAMPUSPEDIA.ID – Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Semarang (USM) yang ke 35, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Psikologi USM, menggelar kegiatan Seminar Pengembangan Anak Usia Dini yang bertema “Pengembangan Diri Sumber Daya Manusia Perkotaan” pada jumat 20 Mei 2022 di TK Negeri Sendang Mulyo.

Pada Acara seminar ini menghadirkan empat narasumber dari Fakultas Psikologi USM, Prof Dr Hardani Widiastuti MM Psikolog, Dr L Rini Sugiarti SPsi MSi, Dr Mulya Virgonita IW SPsi Msi Psikolog, Dr Erwin Erlangga SPd MPd, serta Orang Tua Wali dan Guru TK Negeri SendangMulyo.

Guru Besar dan Dosen Fakultas Psikologi USM Prof Dr Hardani Widiastuti MM Psikolog mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Acara ini disenggarakan dengan tujuan untuk Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat, Promosi Magister Psikologi Universitas Semarang, dan Membuka cakrawala baru tentang berbagai kompetensi yang diperlukan kepada mitra pengabdian,” ucap Prof Hardani.

Kemudian Prof Dr Hardani Widiastuti MM Psikolog menyampaikan mengenai Cara Melatih Kepemimpinan pada anak usia dini.

“Kepemimpinan bukan berarti menjadikan anak2 terdepan, akan tetapi lebih pada itu, yaitu anak belajar mandiri, anak belajar empati pada orang lain, Anak belajar untuk mengambil keputusan, Anak belajar untuk berbagi , Anak belajar untuk komunikasi dengan orang lain, dan Anak belajar untuk mengarahkan,” Prof Hardani.

Dekan dan Dosen Fakultas Psikologi USM Dr L Rini Sugiarti SPsi MSi menyampaikan mengenai Orientasi Kecerdasan Anak Usia Dini.

“Kecerdasan adalah kemampuan manusia untuk dapat mengarahkan dan mengevaluasi pikiran , perasaan dan perilaku sesuai dengan tujuannya. Kecerdasan memungkinkan manusia untuk dapat survive dalam berkehidupan dan bermasyarakat. Anak usia dini — membutuhkan pendampingan optimal dalam mengembangkan kecerdasannya; sebagai bekal untuk menjadikan manusia dewasa yang dapat berkontribusi di masyarakat kelak,” Dr L Rini.

BACA JUGA  Ngaji dan Dialog Bersama KH Munif Muhammad Zuhri di USM

Ketua Prodi S2 Magister Psikologi dan Dosen Fakultas Psikologi USM Dr Mulya Virgonita IW SPsi Msi Psikolog menyampaikan materi tentang Perkembangan Anak Usia Dini

“Bahwa anak usia dini adalah anak yang berusia nol tahun atau sejak lahir sampai berusia kurang lebih delapan tahun (0-8 tahun) , Pada masa ini merupakan masa emas atau golden age, karena anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan pada masa mendatang ( PERLU DISTIMULASI PERKEMBANGANNYA,” ungkap Dr Mulya.

Dalam pemaparan materi yang terakhir Wakil Dekan dan Dosen Fakultas Psikologi USM Dr Erwin Erlangga SPd MPd menyampaikan mengenai Perilaku Maladaptif Pada Anak USIA Dini

“Bahwa perilaku tersebut merupakan Kekacauan dalam satu atau lebih proses psikologis dasar yang berkaitan dengan pemahaman atau dalam penggunaan bahasa (lisan atau tertulis) yang termanifestasikan dalam bentuk kemampuan yang kurang sempurna dalam mendengarkan, berfikir, membaca, menulis, mengeja atau melakukan kalkulasi matematik,” ungkap Dr Erwin.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Sekolah TK Negeri Sendang Mulyo Tri Endah Wahyuning Puspitorini, SPd menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua karena Anak-anak pada masa usia dini memerlukan berbagai layanan dan bantuan orang dewasa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua karena Anak-anak pada masa usia dini memerlukan berbagai layanan dan bantuan orang dewasa, dari kebutuhan jasmani sampai rohani. Di mana bentuk layanan tersebut diarahkan untuk memfasilitasi pertumbuhan sebagai peletakan dasar yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia seutuhnya, sehingga anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai nilai, norma, serta harapan masyarakat,” ucap Tri Endah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *