Universitas Semarang Gelar International Conference on SDGs, Hadirkan 3 Pembicara Asia-Pasifik

  • Bagikan
Universitas Semarang Gelar International Conference on Sustainable Development Goals (USM SDGs 2022) dengan tema “The Role of Higher Education in Achieving SDGs” pada 30-31 Juli 2022 mendatang

KAMPUSPEDIA.ID – Dalam rangka memaknai Lustrum ke-7 atau Dies Natalis ke-35, Universitas Semarang pada 30-31 Juli 2022 mendatang, akan menggelar International Conference on Sustainable Development Goals (USM SDGs 2022) dengan tema “The Role of Higher Education in Achieving SDGs”.

Pada acara tersebut, akan menghadirkan tiga pembicara Asia, antara lain Prof Dr Renato Andrin Villano (UNE Business School-Australia), Prof Dr Yus Aniza Yusof (Universiti Putra Malaysia, Malaysia), dan Dr Nam Hoang Nguyen (National Economics University, Vietnam).

Sedangkan pembicara dari Indonesia, oleh Prof Dr Sudarto P Hadi MES PhD (Universitas Semarang), Prof Dr Novizar Nazir (Executive Chairman SAFE Network Asia Pasifik, Universitas Andalas Padang), dengan moderator Dr Hanilyn Hidalgo (Central Bicol State University of Agriculture, Philippines).

Satu pembicara sedang dalam konfirmasi, untuk menggantikan Prof Abdul-Sattar Nizami, PhD (Government College University, Lahore Pakistan) yang berhalangan hadir. Serta Gurbenur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP menjadi keynote speaker dalam acara tersebut.

Seminar internasional akan menempati pada ruang pepustakaan Gedung Menara USM “Prof Dr Muladi SH” Lantai 8.

Ketua Panitia Dr Ir Rohadi MP mengatakan, penyelenggaraan seminar internasional sebagai langkah konkret USM sebagai lembaga pendidikan tinggi berkolaborasi dengan universitas lain tingkat dunia, ikut berperan dan terlibat aktif terhadap masalah-masalah global.

“International Conference atau seminar internasional sebagai langkah konkret USM sebagai lembaga pendidikan tinggi untuk berkolaborasi dengan universitas lain tingkat dunia, serta ikut berperan dan terlibat aktif terhadap masalah-masalah global,” kata Rohadi.

Menurut Rohadi, dengan mengangkat tema “The Role of Higher Education in Achieving SDGs”, para pakar baik dari USM dan universitas lain yang tergabung dalam kegiatan seminar internasional tersebut mencoba mengambil peran pada bidang kepakaran masing-masing terhadap isu-isu strategis global dalam upaya ikut menyukseskan tercapainya 17 item tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) pada tahun 2030.

Dia juga menambahkan, hingga akhir 30 Juni 2022 tercatat sudah lebih dari 125 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri yang menyatakan keikutsetaannya dalam seminar internasioal baik secara daring maupun luring (hadir langsung).

Mereka umumnya para akademisi dari kampus-kampus dan peneliti dari lembaga penelitian (BRIN dan BBTP), praktisi dari perusahaan dan mahasiswa tingkat doktoral. Beberapa peserta dari kampus luar negeri seperti Universiti Putra Malaysia (Malaysia), Institute of Samawa, Al Furat Al Awsat Technical University (Iraq).

Untuk kepentingan publikasi artikel panitia bekerjasama dengan 10 jurnal ilmiah baik berkategori jurnal internasional bereputasi maupun jurnal nasional terakreditasi, serta ditargetkan publikasi artikel peserta dalam proceeding terindeks Scopus.

Diharapkan pada pelaksanaan seminar, jumlah peserta mencapai 200 orang. Panitia masih memberi kesempatan kepada peserta untuk registrasi kesertaan melalui link https://sdgs.usm.ac.id/ sampai 15 Juli 2022.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.