USM Dampingi UMKM Sendangmulyo dalam Pembuatan Foto Produk untuk Strategi Promosi

SEMARANG – Universitas Semarang (USM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, tim pengabdian dari Universitas Semarang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan foto produk sebagai strategi promosi untuk meningkatkan brand dari produk UMKM di Kelurahan Sendangmulyo pada 25 Mei 2024.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diinisiasi oleh para dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, yaitu Yoma Bagus Pamungkas, M.I.Kom.; Fajriannoor Fanani, S.Sos, M.I.Kom.; dan Dr. Yuliyanto Budi Setiawan, S.Sos., M.Si. melalui pendanaan dari LPPM Universitas Semarang. Selain itu, dua mahasiswa, Richiana Hapsari dan Yurfina Martha Kusuma, juga turut serta dalam mendukung pelaksanaan pengabdian ini.

Kelurahan Sendangmulyo memiliki potensi besar untuk mengembangkan UMKM, namun masih banyak pelaku UMKM yang belum memiliki foto produk yang memadai. Ketua tim pengabdian, Yoma Bagus Pamungkas, menjelaskan pentingnya foto produk dalam dunia digital marketing.

“Foto produk memiliki peran yang sangat penting sebagai penunjang dalam dunia digital marketing karena dengan menampilkan gambar produk yang bagus, pemasar akan lebih mudah menarik perhatian target konsumen mereka,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Heri Poerjanto Noegroho selaku Ketua Paguyuban UMKM Kelurahan Sendangmulyo Kota Semarang, dalam sambutannya menyampaikan antusiasmenya terhadap kegiatan ini.

“Kami sangat berterima kasih atas pendampingan ini. Kegiatan ini sangat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan promosi dan penjualannya,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Warmindo Kongkow, Tembalang, Semarang ini dimulai dengan pemaparan singkat mengenai pentingnya foto produk dalam digital marketing. Selanjutnya, tim pengabdian bersama para peserta UMKM langsung terjun ke proses pembuatan foto produk. Tim menjelaskan secara rinci mulai dari memilih properti dan alas foto yang cocok, menata produk dan properti pendukung, pengaturan lighting, hingga menentukan angle yang umumnya digunakan untuk foto produk.

Output dari kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan secara nyata kepada para pelaku UMKM Sendangmulyo dalam membuat foto produk yang menarik dan berkualitas. Diharapkan dengan adanya foto produk yang baik, promosi produk UMKM di Sendangmulyo dapat lebih efektif dan mampu meningkatkan penjualan.

Salah satu peserta, Deni Iskandar, pemilik “Baso Cuanki Raos”, menyatakan, “Kami sangat membutuhkan adanya pelatihan atau pendampingan terkait digital marketing supaya kami dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan usaha.” Dengan kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo dapat lebih siap bersaing di pasar digital dan meningkatkan penjualan melalui strategi promosi yang efektif.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari kepedulian Universitas Semarang terhadap pengembangan UMKM lokal dan diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *