Cegah Buang Sampah Sembarangan, Siswa MAN 1 Kota Semarang Ciptakan E-MOPSS

SEMARANG- E-MOPSS merupakan suatu sistem yang diprogram untuk menindaki pelanggaran pembuangan sampah sembarangan yang berbasis teknologi elektronik. Sistem E-MOPSS ini memanfaatkan kamera yang dilengkapi dengan teknologi biometrik yang dapat mendeteksi identitas pelaku yang membuang sampah sembarangan.

E-MOPSS menggunakan sistem yang bersifat objektif dan tidak memandang dalam menindak pelanggar. Bukti pelanggaran yang terekam kamera menjadi dasar penindakan, seperti pada identifikasi pelanggar, verifikasi data dan pengeluaran surat tilang. Sehingga E-MOPSS dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi permasalahan sampah pada lingkungan


Fastco Team yang terdiri dari Irana Insani, Anita Puspitasari, Farika Sabira, Chelo Faadihillah, dan Muhammad Farid Aidil Akbar telah melakukan uji coba alat di ruang terbuka rawan pembuang sampah yakni di daerah Jl. Plamongan Sari Raya, Kelurahan Pedurungan Kidul, Pedurungan, Kota Semarang. Uji coba ini dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024 dengan memperoleh hasil yang positif.


Menurut Irana Insani  bahwa cara kerja dari inovasi E-MOPSS ini yakni pertama- tama letakkan E-MOPSS diruang terbuka yang rawan pembuang sampah, ketika terdapat orang yang tidak membuang sampah pada tempat sampah kamera pada E-MOPS akan secara otomatis bergerak sesuai dengan gerak-gerik orang tersebut, kemudian kamera akan mendapat kan data biometrik wajah orang tersebut dan akan muncul pada LCD identitas dari pelaku pembuang sampah sembarangan tersebut.


“Fitur yang tersedia pada E-MOPSS yakni diantaranya, E-MOPSS dapat melacak pelaku pembuang sampah sembarangan, E-MOPSS memiliki fitur kamera yang dapat bergerak mengikuti setiap gerak-gerik dari pelaku pembuang sampah sembarangan, terakhir ketika E-MOPSS mendapatkan data biometrik wajah pelaku, LCD akan secara otomatis menampilkan biodata atau identitas dari pelaku pembuang sampah sembarangan,” ungkap Irana Insani.

“Tak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan, E-MOPSS juga dapat membantu aparat penegak hukum untuk mengidentifikasi dan menindaklanjuti pelanggar dengan cepat dan efektif. Dengan adanya keberadaan E-MOPSS dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan akan lingkungan serta mencegah pembuangan sampah sembarangan,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *