Pelatihan Penetapan Strategi Product Branding UMKM
SEMARANG- Tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi Universitas Semarang telah memberikan Pelatihan Penetapan Strategi Product Branding Bagi 25 pelaku UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul di Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul, Jalan Sidomukti I / 24 Semarang pada hari Selasa (14/11/2023).
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang yang telah mendanai kegiatan tersebut.
Adhi Pradiptya.,S.E., M.M. yang memimpin Tim Pengabdian dengan beranggotakan Susanto, S.E., M.M, dan Citra Andriani Kusumawati, S.E., M.M. Memberikan pelatihan mengenai pentingnya strategi product branding bagi sebuah UMKM. Mereka mengajak para pemilik UMKM untuk secara langsung praktek membuat strategi product branding sesuai dengan produk UMKM masing-masing.
Ketua Tim PKM, Adhi Pradiptya mengatakan bahwa product branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun perusahaan yang memberikan layanan. Dalam hal ini adalah pelaku UMKM kelurahan muktiharjo kidul, sehingga konsumen bisa membedakan bisnis pelaku UMKM dengan pesaing.
“Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan UMKM, menaikkan nilai jual produk. Serta mampu menarik perhatian calon konsumen baru,” tambahnya.
Lebih lanjut Deisy Bertha Senduk selaku koordinator UMKM Kelurahan Muktiharjo Kidul menyatakan bahwa sebagian besar pemilik UMKM memiliki permasalahan yang sama, yaitu kurangnya pemahaman mengenai produk branding. Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sudah memiliki brand. Harapannya dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya sebuah product branding yang akan meningkatkan penjualan produk UMKM.
Sementara Susanto, S.E., M.M. menyatakan bahwa inti product branding UMKM adalah brand UMKM yang menunjukkan identitas atau wajah kepada masyarakat. Melalui pelatihan dan pendampingan kepada anggota kelompok UMKM Kecamatan Pedurungan, harapannya dapat meningkatkan nilai jual produk serta menarik konsumen baru.
Citra Andriani Kusumawati, S.E., M.M. menambahkan saat ini banyak sekali UMKM yang menghasilkan produk-produk kreatif dan memiliki harga jual tinggi. Dengan pelatihan ini, harapanya UMKM dari Kelurahan Muktiharjo Kidul dapat mengembangkan produk-produknya hingga ke kancah global.