Dosen FTP USM Berikan Penyuluhan Pascapanen Buah Tomat

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan Sosialisasi Kepada siswa SMK Negeri 1 Bawen Kecamatan Bawen kabupaten Semarang pada hari Senin (13/6).

KAMPUSPEDIA.ID Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan Sosialisasi Kepada siswa SMK Negeri 1 Bawen Kecamatan Bawen kabupaten Semarang pada hari Senin (13/6).

Sosialisasi diberikan langsung oleh dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian, diantaranya Ir Dewi Larasati MSi dan Aldila Sagitaning Putri S Si MSc dan Ir Elly Yuniarti Sani MSi serta melibatkan dua mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian yaitu Naila dan Amal.

Siswa SMK Negeri 1 Bawen diberikan penyuluhan tentang penanganan pasacapanen buah tomat, pembuatan selai tomat dan pembuatan dodol tomat.

Peserta sosialisasi adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen berjumlah 56 siswa yang didampingi oleh guru SMK Negeri 1 Bawen yaitu ibu Rinada dan Bapak Awan.

Dewi Larasati memberikan materi Penanganan pascapanen tomat, serta Elly Yuniarti Sani menyampaikan materi pembuatan selai tomat dan Aldila Sagitaning Putri menyampaikan materi pembuatan dodol, dan dalam pelaksanaannya dibantu oleh dua mahasiswa.

Dewi Larasati mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan agar kompenten dalam pelaksanakan cara produksi yang baik.

“Penanganan pasca panen yang baik dan melakukan proses pembuatan berbagai produk olahan, maka perlu adanya penambahan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam hal penanganan pascapanen dan pengolahan tomat. Dan pengolahan tomat yang bosa meningkatkan nilai tambah bisa dibuat berbagai macam olahan antara lain dibuat selai tomat dan dodol tomat,” ungkap Dewi.

Teknik penanganan pascapanen tomat yang benar, dapat mengurangi susut panen dan pasca penen.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan jika memungkinkan mereka dapat mengekspor buah tomat terutama untuk tomat konsumsi segar.

Kegiatan yang dilakukan dalam program pengabdian Masyarakat ini ditujukan untuk membantu menambah wawasan pengetahuan para siswa dan siswi Siswa SMK Negeri 1 Bawen.

BACA JUGA  USM-PT BPR BKK Jateng Jalin Kerja Sama, Rektor USM : Dapat Besinergi dengan Baik

Sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untuk bekerja dan disebar luaskan ke lingkungan masyarakat sekitar.

“Oleh karena itu target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah, bertambahnya pengetahuan siswa dan siswi SMK Negeri Bawen tentang penanganan pascapanen tomat dan bertambahnya kemampuan para siswa dam siswi SMK Negeri Bawen dalam mengolah pisang menjadi selai tomat dan dodol tomat,” harap Aldila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *