Dosen USM Gelar Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Nelayan Melalui Pengolahan Hasil Perikanan  Pada Kelompok Nelayan Rizky Bahari

SEMARANG- Kelurahan Trimulyo adalah salah satu kelurahan yang berada di Kota Semarang Jawa Tengah. Di Kelurahan Trimulyo ini merupakan daerah yang sebagian besar berada di wilayah pesisir pantai. Maka terdapat banyak masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Rizky Bahari. Kegiatan nelayan untuk mencari nafkah tidak bisa dipungkiri juga dipengaruhi oleh kondisi alam, sehingga penghasilan para nelayan juga tidak menentu.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang juga turut mempengaruhi ekonomi keluarga para nelayan. Dengan kondisi yang  demikian perlu peran aktif bagi istri para nelayan untuk dapat menambah penghasilan keluarga dengan melakukan kreativitas maupun kegiatan yang lebih produktif. Jadi diharapkan keadaan ekonomi keluarga juga dapat menjadi lebih baik. Seiring dengan perkembangan usaha dan selera masyarakat sekarang ini, diharapkan dengan kreasi dari ibu-ibu rumah tangga ini mampu membuat produk olahan makanan dengan bahan dasar ikan dan hasil tangkap para nelayan.

Target program pengabdian kepada masyarakat ini adalah : Ibu-ibu rumah tangga sebagai istri dari kelompok nelayan Rizky Bahari di kelurahan Trimulyo,  Semarang dalam melakukan kegiatan pengolahan hasil perikanan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan dan dan motivasi kepada istri  kelompok nelayan untuk turut serta dalam menambah penghasilan untuk keluarga. Selian itu kegiatan ini memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengolahan hasil perikanan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Tim dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 23 November  2023  di Pondok Paguyuban Nelayan Rizky Bahari, Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk Semarang. Pada kegiatan ini dihadiri oleh 12 anggota  dengan  rangkaian kegiatan acara dan  materi Pengabdian kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Ketua Nurul Juwariyah,SE.,MM, dan anggota Nur Hasanah,SE.,MM dan Titi Purbo Sari,SE.,M.Si dari jurusan manajemen dan akuntansi fakultas Ekonomi. Peserta sangat antusias dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini. 

“Evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam memahami tentang kegiatan pemahaman oleh mitra mengenai kegiatan pkm yang dilakukan.  Evaluasi juga dilakukan untuk kegiatan pemasaran  awal yang dilakukan dalam memperkenalkan produk olahan kepada masyarakat luas. Dengan demikian  diharapkan mitra mampu melakukan kegiatan pemasaran dengan baik,” ungkap Nurul Juwariyah.

Menurut Nurul Juwariyah bahwa ia memberikan materi-materi dan motivasi mengenai kegiatan yang dapat dilakukan ibu-ibu istri nelayan untuk menciptakan suatu sebagai usaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Kami juga melatih ibu-ibu dengan membuat olahan nugget ikan dan udang.

Peserta pelatihan Agus Isnaini sebagai ketua paguyuban nelayan mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tim PKM sangat bermanfaat dan membantu untuk ibu2 istri nelayan, dan kedepannya diharpkan dapat diadakan kembali.

ibu Masrukin sebagai koordinator paguyuban dan ibu2 anggota meminta akan tim PKM usm dapat mengadakan kembali kegiatan serupa , dengan membantu ibu2 dalam mengolah “Ikan Rucah” agar dapat bernilai lebih tinggi. Mengingat selama ini ikan tersebut dianggap tidak begitu laku di pasaran.

Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan adanya peningkatan kemampuan dari istri nelayan Rizky Bahari dalam mengolah hasil perikanan guna untuk menambah atau meningkatkan penghasilan bagi keluarga Kelompok Nelayan Rizky Bahari  di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk,  Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *