Kampus  

USM Bantu Korban Banjir Karanganyar Demak

DEMAK- Univeristas Semarang (USM) bergerak membantu penanngulangan bencana banjir akibat tanggul jebol di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak sejak Jum’at, 9 Februari 2024.

Tim ”USM Peduli” yang terdiri dari para mahasiswa yang tergabung pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) dan Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (Fokmi) ini sejumlah dari 17 personel yang terdiri dari tim evakuasi, asesmen, dapur umum, dan logistik.

Para mahasiswa USM ini bergabung bersama Palang Merah indoensia (PMI) Kabupaten Demak dan PMI Kota Semarang. Tim dilengkapi dengan perahu karet, rompi, pelampung, helm untuk melakukan evakuasi korban banjir.

Selain mengirimkan personel tanggap bencana, USM memberikan bantuan berupa beras, telur, sayur-sayuran, nasi kotak, snack, dan lain-lain.

Rektor USM Dr Supari MT mengatakan bahwa bantuan tanggap darurat bencana banjir ini merupakan bagian wujud nyata kepedulian USM terhadap korban banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

“USM hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang dilanda musibah banjir untuk ikut berbagi bersama dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat berupa dengan memberikan bantuan melaui program USM Peduli,” ungkap Dr Supari.

Sementara Pembina KSR USM yang sekaligus Korlap USM Peduli Saiful Hadi MKom mengatakan bahwa walaupun mahasiswa masih libur akan tetapi mereka tetap semangat memberikan bantuan kepada korban banjir.

“Kami bangga pada mahasiswa yang tergabung di UKM KSR dan UKM Fokmi yang telah memberikan kontribusi nyata berupa tenaga, pikiran, waktu untuk bergerak bersama para relawan lain baik dari unsur PMI, TNI, Polri, SAR dan lain-lain memberikan bantuan korban banjir Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak,” ungkap Saiful Hadi.

Salah satu relawan dari KSR USM Siska fajar Fitriana yang ikut tim medis ambulance mengaku terharu bisa membantu korban banjir.

“Saya terharu atas kejadian banjir Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, alhamdulillah bisa membantu korban banjir bersama tim USM Peduli. Hari ini saya melakukan bantuan mendampingi lansia yang sedang sakit untuk diantar ke Puskesmas dan terpisah dari keluarganya,” unkap Siska fajar Fitriana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *