Berita  

Gelar LDK, Pengurus OSIS-MPK MAN 1 Kota Semarang Siap Jadi Pemimpin yang Nasionalis

Saiful Hadi sedang memberikan latihan Analisis SWOT kepada peserta LDK

KAMPUSPEDIA.ID – MAN 1 Kota Semarang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Periode 2021/2022, yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Selasa, 22 Februari s/d Kamis, 24 Februari 2022.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dan MPK dibuka oleh Ketua Panitia H Mokhamad Taufik SAg MPd, dengan harapan pengurus pengurus OSIS dan MPK mempunyai sifat nasionalis, mengetahui tentang kesekretariatan, serta dapat memecahkan masalah.

“Agar para pengurus OSIS dan MPK mempunyai sifat nasionalis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kemudian agar mengetahui tentang kesekretariatan, juga bagaimana sebgai calon pemimpin agar dapat memecahkan masalah atau problem solving,” ujar Taufik.

BACA JUGA : Nadiem Minta Mahasiswa Atasi Learning Loss

Pada dasarnya LDK OSIS dan MPK MAN 1 Kota Semarang ini, adalah program kerja wajib bagi pengurus OSIS dan MPK pada setiap tahunnya, setelah terpilih menjadi pengurus maka akan dibekali ilmu mengenai LDK.

Dalam kegiatan LDK OSIS dan MPK ini, Sekretaris Komite MAN 1 Kota Semarang Saiful Hadi ST MKom, turut memberikan materi Analisis SWOT pada Rabu (23/2) di Aula MAN 1 Kota Semarang.

“Analisa SWOT ini merupakan sebuah akronim dari huruf awalnya yaitu Strenghts (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (Ancaman),” jelas Saiful yang juga Alumni dari MAN 1, tahun 1997.

BACA JUGA : Mahasiswa FH-USM Magang di Komisi Yudisial Jateng

Pada materinya, Saiful juga menambahkan terdapat 2 faktor internal yaitu Strenghts (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan). Serta terdapat 2 faktor eksternal yaitu pportunity (kesempatan) dan Threat (Ancaman).

“Setelah melakukan analisis SWOT, diharapkan organisasi mengetahui kondisi nyata yang terjadi di lingkungan internal dan eksternal organisasi, sehingga dapat mulai membuat rencana program kerja yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan dan mampu untuk dilaksanakan oleh pengelola organisasi tersebut,” imbuhnya.

BACA JUGA  Aplikasi Penghasil Saldo Dana Cepat dan Mudah Digunakan

Dosen Universitas Semarang tersebut juga mengatakan, agar siswa dapat menyampaikan aspirasi mengenai kegiatan yang berbeda dengan tahun sebelumnya kepada Komite, Waka Kesiswaan, dan Kepala Madrasah MAN 1 Kota Semarang.

Materi-materi yang disampaikan dalam LDK OSIS dan MPK MAN 1 Kota Semarang ini antara lain, Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Wildan Badruz Zaman SAg MPd, Kesekretariatan dan Korespondensi oleh Sri Sumaryati SE, Analisis SWOT oleh Saiful Hadi ST MKom, Leadership oleh Mustofa SPd, serta Moderasi Keagamaan oleh Ifadah Umami SH.

Dan Taufik menyampaikan, tujuan LDK ini agar para generasi pemuda mempunyai atitude atau sikap moderasi dalam beragama, mempunyai sikap tasamuh, tawasud, serta toleransi kerpada umat beragama yang lain.

“Dalam kegiatan ini yang paling penting adalah, bagaimana para generasi pemuda mempunyai atitude atau sikap moderasi dalam beragama. Maka akan kami sampaikan moderasi tentang keagamaan gara para siswa mempunyai sikap tasamuh, tawasud, serta toleransi kerpada umat beragama yang lain,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *