Kampus  

Himateta USM  Gelar Seminar Kewirausahaan

SEMARANG- Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menyelengarakan kegiatan SEMINAR KEWIRAUSAHAAN dengan tema “Membidik Peluang Wirausaha yang Tepat di Generasi Milenial” pada hari sabtu tanggal 8 April 2023 yang diadakan di gedung Prof. Ir. Joetata Hadihardaja lantai 4 di ruang 4.7. 

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah  memberikan motivasi mahasiswa untuk mendapatkan bahan ilmu yang bermanfaat dalam merintis usaha atau bisnis bagi para pemula. Serta dapat membangkitkan semangat dan menciptakan peluang dengan berwirausaha pada masa kini. selain itu acara ini juga memiliki maksud untuk memberikan motivasi mahasiswa untuk mendapatkan bahan ilmu yang bermanfaat dalam merintis usaha atau bisnis bagi para pemula. 

Acara SEMINAR KEWIRAUSAHAAN ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars USM. Kemudian dilanjut sambutan, untuk sambutan yang pertama Ketua Pelaksana yaitu Yulia Umum Khoiroh. Ketua mengatakan acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Universitas Semarang dan mayoritas Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian sebanyak 35 peserta. Ketua berharap acara ini berjalan dengan lancar. Acara selanjutnya Sambutan dari Fadly Muhammad Irhab Ra’uf selalu Ketua HIMATETA. Ketua mengatakan. Acara ini sangat perlu dilakukan bagi seluruh mahasiswa supaya mahasiswa mengerti ilmu yang dipelajari di perkuliahan dan di terapkan di kehidupan kita. Acara selanjutnya yaitu sambutan dan sekaligus membuka acara oleh Ibu Ika Fitriana, S.TP, M.Sc  selaku Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang. Beliau mengatakan acara ini berkaitan dengan kegiatan- kegiatan MBKM, seminar kewirausahaan ini membidik peluang usaha, selama mengikuti acara ini semoga bermanfaat. Acara selanjutnya pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Agus Riyanto.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Ibu Handayani S.TP., M.Sc Beliau membawakan materi strategi Memulai Bisnis/Usaha dan Cara Melihat Potensi Peluang Bisnis/ Usaha. Beliau sharing pengalamannya bahwa awal mulai membangun bisnis saat masa perkuliahan dan jualannya dititipkan kepada Kopima Universitas Semarang. Beliau juga memaparkan tentang UMKM. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Contoh saja usaha menengah. Usaha menengah itu kekayaanya lebih dari 5 jt-10jt. Beliau juga mengatakan menyalahgunakan NIB agar dapat mendapatkan uang tunai dengan pura-pura usaha dengan foto usaha orang lain. Memulai usaha itu sudah punya ide, modal, waktu, tanpa modal juga kita bisa usaha dengan kita pergi ke suatu toko dan kita bisa jualin online dari toko tersebut.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Ibu Any Setyarini S.E., M.M ketua EDC dengan membawakan materi Marketing Method dan Digital Marketing. Marketing itu sering didengar yaitu pemasaran. Ibu any mengatakan bahwa marketing adalah aktivitas rangkaian institusi dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan bertukar penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Dan digital marketing adalah pemasaran atau promosi suatu brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital, tujuannya adalah menjangkau sebanyak banyaknya pelanggan dengan cara efisien dan relevan. Digital marketing ini sangat penting karena murah, terukur, tersegmen, dan jangkauan lebih luas. Marketing bukan soal menawarkan barang, melihat produk laku dipasaran, tetapi marketing sebuah proses, dimana proses yang terintegrasi dengan feeling, akal dan jiwa. Begitu juga dengan digital marketing dalam upaya membangun sebuah bisnis digital diperlukan framework kuat dalam memahaminya. 

Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dari audiens dan terdapat 3 penanya. Selanjutnya yaitu penutupan dan sesi foto bersama.