Kampus  

Keren, Siswa MAN 1 KOTA Semarang Berhasil Ciptakan Media Pembelajaran Digital “Trisakti”

SEMARANG- Trisakti merupakan karya media pembelajaran anak usia dini berbasis Scratch. Bernuansa pembelajaran dan game have fun, Trisakti sudah diterapkan dan diuji pada KB IT Harapan Bunda pada tanggal 22 Juni 2023 dengan hasil yang positif.

Fitur yang terdapat dalam Trisakti meliputi pembelajaran 3 kata ajaib seperti Minta tolong, terimakasih, dan minta maaf. Dalam konsep trisakti mengangkat adventure bersama lyra dan Nova yang menyelesaikan misi nya untuk ke sebuah gunung. Dalam perjalanannya, mereka mendapatkan cobaan dan anak-anak dituntut untuk menyelesaikan misi tersebut.

Tak hanya itu, Trisakti juga memuat 3 game yang melatih motorik anak. Sehingga, tak hanya memberikan pembelajaran budi pekerti, namun juga motorik anak. Karya tersebut merupakan karya dari: Ia Kirana Insani, Anita Puspitasari, Nada Kamilia az-Zahra, Chielo Faadihillah, dan M. Alaika. Mereka menyelesaikan project dedikasi negeri ini selama 2 minggu. 

Pelatih dari tim fastco ini bernama Fentika Zahra mengungkapkan bahwa bersyukur muridnya dapat menyelesaikan project dedikasi untuk negeri ini dengan baik dan lancar. Pastinya kerjasama tim dn skill merupakan kebutuhan vital untuk menyelesaikan project ini. 

Menurut  ketua tim Kirana Insani bahwa cara kerja dari pembelajaran materi Trisakti ini yakni pertama-tama untuk memulai menjalankan gamenya kita  harus mengklik green flag terlebih dahulu. Kemudian akan munculnya 2 pilihan yaitu jika menekan play maka akan otomatis beralih ke pembelajaran trisakti. Sesi ini akan dipandu oleh ikon dari game ini yaitu Lyra dan Nova, terdapat 3 level didalamnya yang berisi edukasi tentang trisakti.

“Klik ikon level 1 untuk memulai pembelajaran materi, pengajaran ini melalui cerita animasi yang terletak di sebuah hutan dimana ada seorang anak perempuan yang berjalan tidak fokus akibatnya tersandung batu, apakah yang harus dia katakan saat ini. Kemudian akan muncul pilihan kata yang harus dipilih dengan tepat seperti yang harus dibutuhkan seorang anak perempuan tersebut. Level ini terfokus pada pengamalan kata tolong,” ungkap Kirana.

Setelah itu, level 2 akan terbuka dan bisa diakses untuk melakukan pembelajaran berikutnya, disini akan muncul latar cerita yang terjadi di sebuah perumahaan. Dimana ada seorang anak laki-laki menyenggol tong sampah yang membuat sampah berserakan. Beruang yang melihat hal tersebut terlihat marah. Tetapi anak tersebut akan mengatakan sesuatu. Akan muncul 3 kata ajaib,  dan pemain harus memilih kata mana yang harus dikatakan sesuai dengan kondisi. Jika pilihan itu benar maka beruang yang sebelumnya terlihat marah menjadi tidak marah. Level 2 ini adalah implementasi dari kata maaf.

Kirana menambahkan selanjutnya level 3 akan otomatis terbuka setelah menyelesaikan materi di level 2. Disini ada seorang anak perempuan yang kelaparan karena kehabisan makanan, di jalan dia bertemu beruang yang sedang membawa apel. Anak tersebut meminta sedikit apel kepada pak beruang. Pak beruang bersedia memberikan apel tersebut. Lalu akan muncul 3 kata ajaib seperti pada level-level sebelumnya. Seperti materi sebelumnya, pemain memilih kata mana yang sesuai kondisi. Level 3 ini adalah contoh penerapan kata terimakasih.

Pada tampilan map, terdapat gambar kastil. Untuk melanjutkan level kastil ini (level selanjutnya) diharuskan memiliki akses yang bisa didapat dengan berbayar.

 Di setiap akhir materi, pemain diberikan penghargaan berupa trophy. Hal ini dilakukan supaya pemain mendapat apresiasi dan bersemangat dalam mempelajari materi yang diberikan.

Sedangkan, cara kerja dari game Trisakti ini yakni pertama-tama masuk kebagian options akan ada game yang terdapat 3 jenis yaitu ada puzzle, menangkap buah dan obstacle. Game ini bertujuan untuk memperkuat ingatan anak terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya, selain itu juga untuk melatih motorik anak.

Cara bermain game puzzle ini yakni dengan mengklik icon game puzzle, lalu akan muncul banyak kartu yang harus dipilih dan disamakan sesuai gambar kartu tersebut. Dengan cara mengklik 2 pilihan kartu dimana kartu tersebut akan terbuka. Jika pilihan tidak sama maka kartu akan otomatis terbalik kembali. Jika sudah benar selanjutnya klik Go untuk kartu level 2. Semakin tinggi level ,kartu akan bertambah. Tujuan dari hal ini adalah untuk melatih daya ingat anak. Terdapat 3 level untuk game ini.

Pada game menangkap buah cara bermainnya yakni dengan klik icon game menangkap buah, kemudian akan muncul sebuah keranjang yang akan menangkap buah buah yang berjatuhan. Misi game ini adalah untuk menangkap buah dan menghindari bakteri. Terdapat 3 nyawa untuk game ini, yang akan berkurang jika pemain menangkap virus. Kala  berhasil menangkap buah, maka score akan bertambah 1, dengan score maksimal adalah 20. 

Sedangkan, cara bermain pada game obstacle akan muncul sebuah rintangan dari level 1-3 dimana masing-masing rintangan akan terdapat bintang yang harus diambil pemain agar mendapatkan score. Jika pemain tersebut terjatuh di bagian merah maka nyawa akan mengurang dan harus mengulang dari level dimana tempat ia terjatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *