Kampus  

Siapkan Kontes Robot, BPTI – USM Gelar Rapat Koordinasi 

SEMARANG- Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama Universitas Semarang (USM) menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2023 di Gedung Menara USM, kota semarang pada 27-29 Januari 2023.

Rapat koordinasi dihadiri tim dari BPTI, dewan juri KRI 2023, Rektor USM Dr. Supari M.T., Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II Dr. Titin Winarti MM, Wakil Rektor III Dr M Junaidi MH serta panitia lain.

Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2023 rencananya akan dilaksanakan dengan mekanisme bertahap yaitu tahap evaluasi proposal, tahap seleksi wilayah, tahap seleksi nasional. Pelaksanaan evaluasi proposal dan seleksi wilayah akan dilaksanakan secara daring, sedangkan tahap seleksi nasional akan dilaksanakan secara luring yang bertempat di Universitas Semarang.

Ada enam divisi kompetisi yang akan dilombakan pada KRI 2023 yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Beroda (KRSBI – B), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Humanoid (KRSBI-H), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Rencananya pada KRI tahun 2023 ini akan ada tambahan dua divisi baru yaitu under water robotic dan industrial roboticdan USM sudah memiliki fasilitas kolam renang di Gedung Menara USM lantai 10 untuk pelaksanaan divisi under water robotic.

Hadirkan Dewan Juri

Koordinator Kemitraan BPTI Rizal Alfian SKom MA mengatakan bahwa rapat koordinasi ini untuk mematangkan persiapan KRI tahun 2023 agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik.

“Pada rapat koordinasi dengan tuan rumah USM ini kami juga menghadirkan para dewan juri masing-masing divisi. Para dewan juri ini mempresentasikan secara teknis perlombaan per divisi,” ungkap Rizal Alfian SKom MA.

“Selain panitia lokal rapat kali ini menghadirkan perwakilan dewan juri masing-masing divisi yaitu Prof Dr Eng Drs Benyamin Kusumoputro MEng (UI), Dr Abdul Muiz ST MEng (UI), Ir Heru Santoso Budi Rochardjo MEng PhD (UGM), Dr Ir Kusprasapta Mutijarsa ST MT (ITB), Dr Ir Djoko Purwanto MEng (ITS), Ir Gigih Prabowo MT (Pens), dan Dr Ir Endra Pitowarno MEng (Pens),” tambahnya.

Prof Dr Eng Drs Benyamin Kusumoputro mengatakan bahwa sifat juri adalah kolektif kolegial, walaupun masing-masing  divisi ada jurinya, namun terkait ada protes atau komplain dari peserta dewan juri akan menyelesaikan bersama.

“Untuk pelaksanaan lomba nantinya akan dibagi dua venue yaitu di GOR USM (KRAI, KRSTI, dan KRTMI sementara untuk venue Auditorium USM (KRSBI Beroda, KRSBI Humanoid,  KRSRI, industrial robotic). untuk robot Autonomos Underwater Vehicle (AUV) akan dilaksanakan di kolam renang USM” ungkap  Prof Benyamin.

Rektor USM Dr Supari mengatakan USM akan menyiapkan segala sarana dan prasarana terkait KRI tahun 2023 di USM mulai dari venue, internet, perlatan multimedia USM TV, USM Jaya FM dan lain-lain.

Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU berharap mudah-mudahan USM menjadi tonggak pertama lomba robor under water, dan lomba KRI ini penting bagi USM.

Ketua Panitia lokal Dr Andi Kurniawan MT mengatakan bahwa Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kompetisi tahunan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. KRI dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. KRI diselenggarakan sebagai ajang mencari talenta-talenta dalam bidang robotika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *