Siswa MAN 1 Kota Semarang Ciptakan Alat Inovasi Lathi Guna Bantu Penyandang Tunanetra

SEMARANG- Kabar gembira kami dengar lagi dari siswa siswi MAN1 Kota Semarang, INFINITY TEAM berhasil ciptakan alat bernama inovasi LATHI yakni media pembelajaran huruf hijaiyah dan tilawah bagi tunanetra.

LATHI merupakan media pembelajaran berbasis teknologi yang menggunakan huruf Braille Hijaiyah dengan input Push Button serta output audio. dengan harapan meningkatkan angka tunanetra yang melek huruf hijaiyah.

Cara kerja Inovasi Lathi yakni memberikan bahan ajar berupa huruf hijaiyah dalam bentuk audio sederhana yang akan berbunyi ketika button huruf hijaiyah braille ditekan kepada tunanetra yang baru belajar huruf hijaiyah.

Inovasi Lathi menghadirkan fitur fitur yang disesuaikan kebutuhan para tunanetra. Desain minimalis dengan bunyi audio yang menarik berguna untuk memudahkan para tunanetra dalam belajar huruf hijaiyah. Tak hanya itu, terdapat fitur murottal juz 30 yang dapat melatih kepekaan suara bagi tunanetra dan menumbuhkan rasa ketertarikan pada Inovasi Lathi tersebut, sehingga para tunanetra tidak merasa jenuh dengan materi yang disediakan sebelumnya.

inovasi lathi telah diimplementasikan ke masyarakat. Kami melakukan penerapan lathi pada Rabu, 12 juni 2024 dengan menerapkan inovasi lathi kepada komunitas difabel dengan sasaran penyandang tunanetra di Semarang. Implementasi kami Menghasilkan bahwa inovasi lathi sangat layak digunakan dan memiliki Tingkat efektifitas yang tinggi bagi penyandang tunanetra. Hadirnya Inovasi Lathi diharapkan dapat berkontribusi positif dalam memfasilitasi pembelajaran Al-Qur’an bagi penyandang tunanetra dan mengurangi hambatan mereka dalam belajar huruf hijaiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *