Strategi Pemasaran Menggunakanmedia Sosial Untuk Pembinaan Karate Di Dojo Kenbu

KAMPUSPEDIA.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikanPelatihan Strategi Pemasaran Dengan Promosi Menggunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pembinaan Karate Di Dojo Karate Kenbu Semarang baru-baru ini.

Tim pengabdian kepada masyarakat yang merupakan  Dosen Fakultas Ekonomi yaitu Masine Slahanti,S.E.,M.M , Maria Augustine Graciafernandy,S.T.,S.M.,M.T,M.M. , Helmi  Yudhana Haryanto, S.Pd.,M.M. serta melibatkan dua mahasiswa Fakultas Ekonomi yaitu Tri Setyoningsih dan Ahmad Irfan Najib 

Pelaksanaan kegiatan ini yang bertempat di Dojo Karate KENBU terletak di aula Balai Keselamatan Jl.Musi Raya No.6 Semarang , Bagi kalangan olahragawan khususnya olahraga karate tidak asing dengan istilah DOJO yang artinya adalah adalah bangunan tempat kompetisi, pertandingan, latihan, dan tempat belajar . 

Menurut Masine selama ini mereka menempati aula Balai Keselamatan di Jl.Musi Raya No.6 Semarang untuk berlatih karate khsusunya di hari Senin dan Kamis di malam hari dimulai jam 19.00 – 21.00 , pada masa pandemi mereka menguragi jam latihan dan tetap menggunakan prosedur kesehatan sebelum mereka mulai latihan 

“Kegiatan Olah Raga di Indonesia saat sekarang sudah menjadi gaya hidup masyarakat bahkan juga menjadi kebutuhan, ragam cabang olahraga yang dapat diikuti maupun ditekuni untuk mencapai prestasi  dimulai dari sekolah – sekolah melalui kegiatan extrakulikuler atau melalui club olahraga  dan salah satunya adalah tempat berlatih karate ini” ungkap Masine.

 Dari usia sini sampai  usia dewasa  mereka dapat berlatih dan menekuni olahraga karate .Untuk kesehatan , pembinaan mental dan tentunya prestasi – prestasi yang diraih melalui pertandingan – pertandingan yang diadakan oleh FORKI ( Federasi Olahraga Karate Inonesia ) di tingkat kota sampai nasional ., prestasi yang dapat menunjang pendidikan dan karier para atlit .

Untuk membina atlit karate yang berpretasi tidak cukup dengan bakat  , minat serta bimbingan pelatihnya yang berpengalaman , namun juga dibutuhkan sarana dan prasarana Sarana dan prasarana ini untuk menunjang program latihan . Sarana dan prasarana ini tentunya membutuhkan pendanaan .Selama ini pendanaan / pemasukan pendapatan dojo didapat dari iuran anak – anak yan berlatih karate  , semakin  banyaknya peminat olahraga karate di Dojo Karate Kenbu tentunya diharapkan akan membawa perkembangan dan kemajuan 

Bagaimana agar menarik masyarakat Semarang agar berminat berlatih karate di Dojo Karate Kenbu , salah satu yang dapat dilakukan adalah mempromosikan Dojo Karate Kenbu  khususnya di Kota Semarang , media promosi yang paling efektif adalah dengan menggunakan media social  sepertinya Instagram , dengan menanpilkan kegiatan – kegiatan latihan , kenapa media sosial dianggap paling efektif karena rata – rata masyarakat Indonesia memiliki account media sosial 

Arti penting dari pada pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat bagi pengelola tempat usaha olahraga karate “ Dojo Karate Kenbu “  yang ada di Semarang dalam Strategi Pemasaran menggunakan media sosial sehingga dapat diharapkan  menjadi bagian promosi dan meningkatkan peminat  olahraga karate di Dojo Karate Kenbu Semarang , makin banyak peminat olahraga karate , juga akan membawa masyarakat dari anak – anak , usia muda dan dewasa bahkan veteran untuk hidup sehat dengan olahraga , dan juga membawa prestasi demikian hal yang disampaikan oleh Masine Slahanti,S.E,,M.M salah satu team PKM 

Dalam PKM ini mahasiswa berpartisipasi dalam mempersiapkan komponen untuk memberikan contoh – contoh dalam membuat account media sosial , kemudain meng up date , kegiatan – kegiatan latihan serta , pelaksaan (Actuating), dan Pengawasan (Controling) dalam penggunaan media sosial kepada pengelola dan beberapa anak muda yang mempunyai media sosial dapat menjadi bagian dalam media promosi untuk Dojo Karate Kenbu Semarang