Kampus  

Teknik Elektro USM Gelar Pelatihan Penulisan Artikel  Jurnal Internasional Bereputasi

SEMARANG- Program Studi Teknik Elektro Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan penulisan artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi bagi dosen di Ruang Sidang Fakultas Teknik Gedung Menara Universitas Semarang tanggal 30 Mei 2024. Pelatihan diikuti oleh dosen dan mahasiswa Teknik Elektro USM.

Menurut Kaprodi Teknik Elektro USM Dr Ari Endang Jayanti MT bahwa definisi jurnal internasional bereputasi adalah terbitan berkala ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal internasional tetapi dengan kriteria tambahan terindeks oleh pangkalan data internasional bereputasi (Scopus, Web of Science), dan memiliki faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters), atau Scimago Journal Rank (SJR), atau mempunyai faktor dampak (SJR) dari SCImago Journal and Country Rank serendah-rendahnya Q3 (kuartil tiga).

“Manfaat dari program ini adalah menambah pemahaman dosen dalam menghasilkan artikel ilmiah yang akan dikirim ke jurnal internasional bereputasi. Selain itu memberikan peluang bagi para dosen untuk dapat meningkatkan nilai kinerja di bidang Penelitian sebagai bagian dari poin dalam mengajukan BKD. Manfaat lain juga memberikan peluang peningkatan h-indeks bagi para dosen serta meningkatkan kinerja rekognisi internasional,” ungkap Dr Ai Endang Jayanti.

Narasumber pelatihan ini adalah Dr. Ir Lusia Rakhmawati, S.T, M.T dari Universitas Negeri Surabaya. Dalam pelaksanaannya, para peserta mendapatkan materi kiat-kiat menyusun artikel pada jurnal internasional bereputasi.

Menurut ketua panitia pelatihan yaitu Sri Heranurweni, S.T, M.T, kegiatan ini diharapkan meningkatkan jumlah artikel internasional bereputasi yang dihasilkan oleh dosen Teknik Elektro Universitas Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *