Tim PkM Teknik Elektro Gelar Pelatihan Pembuatan Lilin Air

  • Bagikan
Tim PkM Teknik Elektro Gelar Pelatihan Pembuatan Lilin Air

KAMPUSPEDIA.ID – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Semarang (USM) telah menggelar Pelatihan Pembuatan Lilin Air (Smart Light), pada Kamis (14/7).

Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu pilar dari Tridharma Perguruan Tinggi ini, telah dilaksanakan oleh para Dosen Teknik Elektro, antara lain Ir Erlinasari MEng, Sri Heranurweni ST MT, Taufiq Dwi Cahyono ST MT dan Satria Pinandita ST MT.

Ketua Tim PkM Teknik Elektro Erlinasari mengatakan, lilin air (smart light) ini menggunakan energi terbarukan (renewable energy), karena di Indonesia sangat kaya dehngan macam-macam bentuk energi terbarukan yang perlu diperkenalkan terutama kepada generasi muda.

Menurutnya, dengan menggunakan energi terbarukan (renewable energy), lilin air ini tidak memerlukan api, listrik dari PLN, ataupun batteray konvensional untuk mengaktifkannya. Adapun kemasannya dalam bentuk mungil dengan berat 24 gram.

Untuk menggunakan lilin air hanya dengan cara mencelupkan bagian bawah kedalam air sedalam 5mm selama 3 detik. Lilin air akan menyala selama 36 jam, apabila mulai meredup dicelupkan kembali kedalam air.

“Apabila digunakan terus menerus Lilin Air dapat bertahan 1-2 Bulan, jika tidak diaktifkan bisa disimpan selama 3 tahun atau lebih,” ujar Taufiq.

Sri Heranurweni menjelaskan, bahwa lilin air ini tidak mengandung zat yang berbahaya sehingga sangat aman digunakan bahkan untuk anak-anak. Serta cocok digunakan saat keadaan darurat, bencana alam, pemadaman listrik, dan lain-lain.

Sebagai penutup acara, Satria Pinandita berharap, dengan adanya pelatihan ini membuka wawasan para siswa tentang jenis-jenis energi yang bisa dimanfaatkan, dan mudah-mudahan memunculkan akan kaya ide-ide inovasi yang lebih luas.

Demikian rangkaian acara pelaksanaan kegiatan pengabdian oleh Tim Pengabdian Masyarakat yang berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB di SMK Walisongo, Jl. Ki Mangun Sarkoro No.17 Semarang, berjalan dengan lancar, serta para siswa yang mengikuti pelatihan dengan penuh antusias.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.