Kampus  

4 Mahasiswa Informatika ITSK Soepraoen Ikuti Workshop IoT

SURABAYA- Sebanyak 4 mahasiswa Program Studi Informatika ITSK Soepraoen Malang mengikuti Workshop Pemrograman IoT yang gelar oleh Information System Community (ISCOM) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur pada 1-3 Juli 2024.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Bintang Pramudya Panjie Purna, Hilda Nuzulul Mujaddidah, Dinda Chesar Putri Ramadhani, dan Naufal Alif Vivaldi yang berasal dari Angkatan 3 Program Studi Informatika.

Workshop tersebut digelar selama 3 hari di Lab Solusi di Gedung FIK 2 lantai 2.ini  menghadirkan narasumber yang telah kompeten dibidang Internet of thing (IoT). Dibuktikan dengan menangnya PKM Karya Cipta 2023 sebagai juara dua dengan usulannya yaitu Smart Device IoT Unity di Universitas Negeri Yogyakarta.

Menurut salah satu peserta workshop Hilda Nuzulul Mujaddidah bahwa IoT merupakan sebuah konsep dimana berbagai perangkat saling terhubung dan terkomunikasi melalui jaringan internet.

“Konsep ini memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus dan berkaitan dengan perangkat cerdas. Dalam keseharian kita, contoh nyatanya adalah smart office untuk presensi, dan sistem tilang elektronik. Grafik trend IoT yang semakin meningkat, membuatnya menarik untuk dipelajari dan didalami karena tantangan dan perkembangannya memilki kesempatan yang luas,” ungkap Hilda Nuzulul Mujaddidah.

Ia menambahkan selama mengikuti workshop mendapatkan beberapa materi yang didapatkan terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu pengenalan tentang IoT dan perangkatnya di hari pertama, selanjutnya di hari kedua adalah organisasi lampu LED dengan web sebagai pengendalinya dan di hari terakhir adalah manajemen IoT dengan sensor suara menggunakan buzzer. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C++..

Sementara Sekretaris Program Studi Informatika ITSK Soepraoen Mocmammad Ansori berharap kepada para peserta yang  mengikuti workshop ini dapat membuka luas wawasan dan pengetahuan mereka serta dapat menambah relasi baru dengan bertemunya individu baru dari civitas akademika kampus lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *