Kampus  

Dosen FE USM Berdayakan Minat Wirausaha Kelompok Tani

KAMPUSPEDIA– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fak Ekonomi Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 di Kelurahan Kedung Pane Kecamatan Mijen Semarang dengan judul 

Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Dalam  Upaya Menumbuhkan Minat Wirausaha di Kelurahan Kedung Pane Kecamatan Mijen Semarang,  diketuai oleh Teti Susilowati, S.E., M.M. dengan  anggota Muryanto Agus Nuswantoro, S.T.P.,M.M. dan Emy Susiatin, S.E., M.M.     

Kegiatan ini diikuti sebanyak 15 ibu – ibu wanita tani dan PKK di wilayah tersebut.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memotivasi ibu – ibu di wilayah tersebut  yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga  dalam memulai suatu usaha baru dengan memanfaatkan potensi lokal yaitu singkong, guna meningkatkan pendapatan tambahan keluarganya.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian sosialisasi bagaimana memulai usaha baru yang harus dilakukan antara lain : niat yang lurus, kerja cerdas, kreativitas, pantang menyerah serta berani mengambil resiko. 

Dalam rangka  pemberdayaan ibu rumah tangga untuk melakukan usaha yang produktif dapat mempengaruhi perubahan sosial dan peningkatan ekonomi keluarga. Sosialisasi yang lain tentang bagaimana mengubah mindset ibu rumah tangga, dengan memberikan motivasi menjadi seorang yang mempunyai kreativitas dan produktif serta mempunyai semangat yang tinggi, tangguh dalam menyongsong keluarga bahagia sejahtera. Pada kegiatan ini juga diberikan bagaimana ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga, bila sudah mempunyai usaha, dan harus dipisahkan pengelolaannya.

Dalam rangka memanfaatkan potensi lokal wilayah tersebut yaitu sebagai penghasil ketela pohon, maka pada kesempatan itu juga diberikan contoh beberapa inovasi olahan makanan berbahan dasar singkong yang dapat dijadikan alternatif produk yang dapat dijual diantaranya : brouwnies singkong, karamel singkong dan nugget singkong.

BACA JUGA  Tingkatkan Kebersamaan, Himateta USM Gelar Famnight Orracle

Antusias ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan tersebut membuat tim pengabdian merasa puas dalam memberikan sosialisasi di wilayah tersebut dengan harapan semoga bermanfaat.

Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari Ketua PKK di Kelurahan Kedung Pane Kecamatan Mijen Semarang atas ilmu yang diberikan dari Tim Pengabdian Universitas Semarang. Diharapkan dilain kesempatan dapat memberikan sosialisasi dengan tema yang berbeda,  misalkan tentang pemasaran, strategi penjualan dan lain-lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *