Berita  

Dr Junaidi Dorong Pengurus UKM FOKMI USM, Transformasikan Ide – ide Islam

Dr Junaidi Dorong Pengurus UKM FOKMI USM Transformasikan Ide - ide Islam
Dr Junaidi Dorong Pengurus UKM FOKMI USM Transformasikan Ide - ide Islam

KAMPUSPEDIA.ID – Wakil Rektor III Universitas Semarang Dr Muhammad Junaidi SHi MH ,menekankan pada pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FOKMI) Universitas Semarang (USM) untuk tidak hanya tekstual saja dalam berdakwah, pada Senin di depan Aula Masjid Baitur Rasyid USM (31/1).

Dr Junaidi menyampaikan materi pembekalan pengurus bertema, Terciptanya Kader Dakwah yang Berintregitas, Kreatifitas, Serta Sejalan dengan Visi Universitas Semarang.

Dr Junaidi juga menyatakan bahwa generasi milenial adalah generasi yang potensial, maka sebagai pengurus UKM FOKMI Dituntut mentransformasikan ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an untuk dijadikan kaidah dalam kehidupan nyata.

“UKM FOKMI harus mampu untuk mentransformasikan ide – ide dalam visi USM Yang mampu mengolaborisakan ke dalam setiap kegiatannya,” ujar Dr Junaidi.

BACA JUGA : Pembina UKM FOKMI USM Beri Pesan Untuk Luruskan Niat Kepada Pengurus Baru

Dalam pembuka materi Dr Junaidi menyatakan, kecerahan seorang muslim terpancar pada dalam wajah mereka yang disebabkan seringnya melakukan Amaliyyah akhirat, seperti Salat Sunnah Tahajud, Dhuha, dan salat sunnah lainnya.

Serta dakwah bukan hanya sekadar visi dan misi, berdakwah merupakan menyiarkan ajaran-ajaran yang bukan sekedar tulis.

Dr Junaidi mengatakan dalam materinya, ide kaidah bukan hanya sekadar teks yang dibaca.

“Ide-ide kaidah bukan hanya sekadar teks yang kita baca sehari-hari, tapi perlu tindakan,” ucap Dr Junaidi.

Maka dari itu, Dr Junaidi menginginkan UKM FOKMI USM menjadi pemuda ghuroba’, dikatakan demikian karena walaupun memasuki era globalisasi para anggota UKM FOKMI tidak terpengaruh dengan pergaulan yang melanggar ajaran Islam.

“Pemuda ghuroba’ merupakan generasi yang selalu memegang teguh pendiriannya, selalu berpegang pada kaidah-kaidah Islam dan mentransformasikan pada dunia nyata,” tuturnya.

BACA JUGA  Tim Bola Basket USM Raih Piala DPRD Karanganyar

Dr Junaidi juga menambahkan, untuk perlu menanamkan visi USM yang berkeIndonesiaan, termasuk pada pengurus UKM FOKMI yang menjadi generasi ghuroba’.

“Mentransformasi isi Al Qur’an, ke dalam kehidupan sehari-hari termasuk jihad fi sabilillah, sama halnya jika kita mentransformasikan visi misi USM yang berteknologi berkelanjutan ke dalam kegiatan UKM FOKMI juga termasuk bentuk jihad,” tambah Dr Junaidi.

Akhlak atau perilaku dan niat, menjadi parameter yang sangat penting dalam sehari-hari. Seperti yang diungkapan Dr Junaidi, mengenai niat yang baik.

BACA JUGA : Kyai Anwar Ajarkan Mempererat Nilai Silaturahmi

Innamal A’malu Binniyat. Semua yang kita lakukan akan baik, apabila niat awal kita baik,” ungkap Dr Junaidi.

Dalam akhir materinya, Dr Junaidi mengatakan salah satu bentuk dakwah yaitu saling mengingatkan dan diingatkan. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat USM dan masyarakat luar.

“Dakwah juga dalam bentuk saling mengingatkan dan diingatkan satu sama lain, menjadi kewajiban seorang muslim. Yang bertujuan untuk kemaslahatan umat, sama dengan visi USM. Sehingga dapat bermanfaat bagi USM dan yang lainnya,” ucap Dr Junaidi.

Junaidi mengharapkan, FOKMI USM bertindak cepat, berpikir strategis, bersemangat dalam mencapai tujuan. Serta menjadi bagian dari UKM, tetapi menjadi generasi yang tangguh.

“Saya harapkan FOKMI USM dapat bertindak cepat, berpikir strategis, bersemangat dalam mencapai tujuan. Serta menjadi generasi yang tangguh,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *