Berita  

PW DMI Jateng Gelar Pengukuhan dan RAKERWIL, Gus Yasin Minta Pengurus Tuntaskan Legalitas Tanah dan Aset Masjid

KAMPUSPEDIA.ID – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jateng dan kabupaten/kota, menuntaskan status legalitas tanah dan aset masjid.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Pengukuhan dan rapat kerja wilaya (RAKERWIL), Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) masa bhakti 2022-2027, pada Sabtu 11 Juni 2022, di Ruang Aula Masjid Agung Jawa Tengah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, KH Haris Shodaqoh, Ketua Dewan Mutasyar Drs KH Achmad, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) DMI Komjen (Purn) Dr (HC) H Safrudin MSi, Sekjen PP DMI KH Drs Imam Addaruqutni MA, dan Ketua PW DMI Jateng Prof Dr KH Ahmad Rofiq MA, para pengurus dan tamu undangan.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, hal itu akan menunjang peran DMI dalam berbagai bidang di Jawa Tengah, salah satunya pemberdayaan ekonomi berbasis masjid.

“Pengurus Wilayah DMI Jateng sudah dikukuhkan segera konsolidasi dengan PD DMI kota dan kabupaten, mereka dirangkul. Kita juga minta DMI berkoordinasi dengan masjid-masjid di kabupaten dan kota untuk mendata aset yang dimulai dari tingkat kecamatan. Termasuk mengurus sertifikat dan IMB,” kata Gus Yasin, sapaan Wagub.

Gus Yasin berpendapat, berbagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa dikembangkan oleh DMI untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

“Di masjid-masjid ada kotak infaq Jum’at yang bisa dikembangkan untuk berbagai usaha. Seperti kafe untuk tempat makan dan minum pengunjung, yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Ini yang akan kita kembangkan,” jelasnya.

Menurut wagub, DMI merupakan organisasi yang mempunyai kekuatan menyatukan umat. Sebab, tidak sedikit pengurus maupun anggota DMI berasal dari berbagai kalangan dan aktif di berbagai organisasi. Sehingga dalam melaksanakan programnya, DMI dapat menggandeng lembaga atau organisasi lain dalam mewujudkan fungsi masjid, untuk meningkatkan kesejahteraan jemaah dan masyarakat di lingkungan masjid.

BACA JUGA  UKM Karate USM Gelar Latihan Alam

Ketua PP DMI juga berharap kepada Ketua pW DMI Jateng Prof Dr KH Ahmad Rofiq MA, untuk menyelesaikan masalah-masalah mengenai tanah wakaf masjid yang menjadi sengeketa.

“Pada kesempatan yang baik ini pak ketua bisa menyampaikan dan mengkondisikan serta menyelesaikan masalah-masalah mengenai tanah wakaf masjid yang menjadi sengeketa, karena banyak masjid-masjid di kota-kota besar yang asalnya dari wakaf itu menjadi problem setelah menjadi tempat strategis, karena wakafnya tidak jelas,” ucap

Kemudian Ketua Dewan Mutasyar menyampaikan, agar pengurus yang baru saja dilantik bisa lebih banyak terjun ke daerah-daerah melalui kordinator wilayah untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada pengurus masjid.

“Diantara pengurus daerah kondisinya bermacam-macam ada yang sudah berkembang bagus ada yang lumayan ada yang masih butuh pembinaan-pembinaan. Alhamdulillah nampaknya sekarang kasus covid sudah mulai mereda, untuk itu pengurus baru ini bisa lebih banyak terjun ke daerah melalui kordinator wilayah, dan semoga bisa efektif dan dimanfaatkan,” ujar Drs KH Achmad.

Menanggapi persoalan sertifikasi tanah masjid,Ketua PW DMI Jateng mengungkapkan dari pimpinan daerah untuk bersama-sama saling memperbarui keberadaan status masjid mushola yang ada di daerah masinh-masing,

“Kami akan merencanakan nanti ada semacam safari atau bersilaturrahim ke daerah untuk mengupdate bagaimana perkembangan tentang data status tanah wakaf masjid,” ungkap Prof Dr KH Ahmad Rofiq MA.

“Karena banyak sekali kasus-kasus sengketa apalagi dipicu oleh undang-undang peradilan agama itu ada klausul yang memang memungkinkan diakui sebagai sengketa maka itu bisa ditujukan ke pengadilan negeri,” tandasnya.

Berikut daftar Pengurus PW DMI Jateng yang dilantik pada Sabtu, 10 Juni 2022 :
A. Pimpinan Dewan Harian

  1. Ketua Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, MA.
  2. Wakil Ketua Drs. H. Muchtar Hadi, M.Ag
  3. Wakil Ketua Dr. H. Multazam Ahmad, M.A
  4. Wakil Ketua Drs. H. Muhyidin, M.Ag.
  5. Wakil Ketua Ir. H. M. Saleh, M.Si
  6. Wakil Ketua Dr. H. Rozihan, SH, M.Ag.
  7. Wakil Ketua Drs. H. Sarjuli, SH, M.Si.
  8. Wakil Ketua H. Agus Sumartono, SE
  9. Wakil Ketua Drs. H. Zaenal Fatah, M.Ag.
  10. Wakil Ketua Dr. Hj. Yuyun Affandi, Lc, MA
BACA JUGA  USM Gelar Seleksi Beasiswa Prestasi Nonakademik

B. Sekretaris

  1. Sekretaris Dr. H. Imam Yahya, M.Ag.
  2. Wakil Sekretaris H. Akhmad Su’aidi, S.Pd
  3. Wakil Sekretaris H. Abdul Jalil, S.Ag, M. Kom
  4. Wakil Sekretaris Drs. H. Abdul Ghofar

C.Sekretaris

  1. Bendahara Dr. Hj. Mardiyah, SKM, M. Kes.
  2. Wakil Bendahara Dra. Hj. Fatimah, S.Ip, M.Si
  3. Wakil Bendahara Hj. Sri Indrawati.
  4. Wakil Bendahara Hj. Sri Sulasmi.

D. BIRO-BIRO:

  1. Kordinator Biro Organisasi dan Pengembangan SDM, Prof. Dr. H. Bunyamin, M. Pd., MA.
  2. Kordinator Biro Sarana, Hukum, dan Wakaf, Dr. H. Sidqan Prabowo, SH, MH
  3. Kordinator Biro Dakwah, Pengkajian, dan Perpustakaan, Drs. H. Musaddat, M.Pd.
  4. Kordinator Biro Kesehatan dan Lingkungan Hidup. dr. H. Fuad Al-Hamidy, M.Kes.
  5. Kordinator Biro Pemberdayaan Ekonomi Umat dan IPTEK, Dr. H. Wahab Zaenuri, MM.
  6. Kordinator Biro Muslimat dan Generasi Muda, Hj. Tazkiyatul Muthmainnah, M.Si.
  7. Kordinator Biro Sosial Kemanusiaan, Drs. H. Slamet Widodo.
  8. Kordinator Biro Kominfo dan Hubungan Antar Lembaga, Saiful Hadi, ST, M.Kom.

E. Koordinator Wilayah:

  1. Eks Karesidenan Semarang, Ir. H. M. Saleh, M.Si
  2. Eks Karesidenan Pekalongan Dr. H. Multazam Ahmad, M.A.
  3. Eks Karesidenan Pati, Drs. H. Muhyidin, M.Ag.
  4. Eks Karesidenan Surakarta Drs. H. Muchtar Hadi, M.Ag.
  5. Eks Karesidenan Kedu, H. Agus Sumartono, SE.Dr.
  6. Eks Karesidenan Banyumas, Dr. H. Rozihan, SH, M.Ag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *