Kampus  

Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang Raih Juara 3 dalam Ajang Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Kota Semarang 2023

SEMARANG- Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang raih penghargaan juara 3 dalam ajang KRENOVA (Kreativitas dan Inovasi Masyarakat) Kota Semarang 2023. MAN 1 Kota Semarang menyabet juara ketiga dalam kategori pelajar.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang yang berlangsung dari bulan Maret hingga Agustus 2023. Krenova merupakan sebuah kegiatan fasilitasi dalam rangka menumbuh kembangkan budaya kreativitas dan inovasi di kalangan pelajar dan masyarakat.

Ia Kirana Insani, Nada Kamilia Az Zahra, Anita Puspita Sari, Muhammad Alaika, dan Chielo Faadihilah, memberi nama ‘Fastco’ untuk tim mereka. Fastco mengangkat judul “Inovasi ‘Trisakti’ Media Pembelajaran Digital Berbasis Scratch”.
Ide ini digagas karena berkurangnya penggunaan 3 kata ajaib (maaf, tolong, dan terimakasih) pada anak usia dini. Gagasan tersebut dikembangkan, kemudian terciptalah game ‘Trisakti’ berbasis aplikasi Scratch.

Di dalamnya, terdapat petualangan Lyra dan Nova. Mereka akan dihadapkan pada situasi dimana mereka harus menggunakan 3 kata ajaib. Selain petualangan 3 kata ajaib, terdapat pula game yang dapat membantu melatih motorik anak.

“Alhamdulillah, projek ini bisa selesai tepat waktu dan tidak ada kendala yang berarti dalam pemrograman dan penulisan proposal”, ucap Ia Kirana Insani.

Untuk lolos ke tahap presentasi, tim Fastco harus melewati tahap seleksi proposal, dan bersaing dengan 57 proposal lainnya. Bersama 5 finalis lain, Fastco melaksanakan seleksi presentasi di balaikota Semarang pada 8 Agustus 2023.

“Pada projek ini, kami melakukan beberapa tahapan, seperti pemrograman, uji coba inovasi yang kami lakukan di KB-TK IT Harapan Bunda, olah data, serta penulisan proposal. Alhamdulilah semua tahapan tersebut berjalan dengan lancar”, imbuh Nada.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam projek ini”, ucap Anita.

Harapan mereka, game ini dapat menjadi sarana edukasi kepada khalayak bahwasannya dengan teknologi, kita juga bisa memberikan pendidikan tentang akhlak budi pekerti.