KAMPUSPEDIA.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan peningkatan penjualan dan promosi berbasis digital produk UMKM Di Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, pelaksanaan PKM pada Selasa, 24 Mei 2022.
Tim pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Adhi Widyakto SE MM merupakan Dosen Fakultas Ekonomi bersama dua rekan PKM USM Adhi Pradiptya SE MM, Susanto, SE, MM dan Dwi Widi Pratito SN SE MM serta melibatkan dua Mahasiswi Fakultas Ekonomi USM Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.
Adhi Widyakto SE MM menjelaskan tujuan tim pengabdi dari USM adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM Di Kelurahan Ngesrep.
BACA JUGA : Prof Kesi: Ecopreneurship Wujud Usaha Berbasis Green Economy
“Maksud serta tujuan tim pengabdi dari USM adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM Di Kelurahan Ngesrep didalam mengatasi lambatnya pemasaran produk di dalam UMKM, juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, Pemerintah dan masyarakat,” jelas Adhi.
“Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta membuktikan ketertarikan peserta dalam pemasaran suatu produk tersebut. Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,” lanjutnya.
Sementara itu, Susanto SE MM mengatakan Sebaiknya UMKM di Keluaraha Ngesrep untuk menguatkan branding suatu UMKM tersebut di Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
“Sebaiknya UMKM di Keluaraha Ngesrep untuk menguatkan branding suatu UMKM tersebut di HKI” Sekilas Mengenai Hak Kekayaan Intelektual (Hak Cipta, Merek, Paten, DTLST, Rahasia Dagang, Desain Industri, Indikasi Geografis), Sistem Perlindungan HKI di Indonesia dan Prosedur Pendaftaran HKI di Indonesia, Perkembangan Regulasi HKI di Indonesia: Sosialisasi RUU Desain Industri 2019 (perbedaan dengan UU sebelumnya, pokok-pokok perubahan yang penting bagi industri di Indonesia), serta Sevice Provider Liability, Mengidentifikasi Pelanggaran Hak Cipta di Internet, Peraturan Perundang-Undangan terkait Domain & Merek, serta Prosedur Acara & Pembuktian Perkara Digital di Pengadilan. Untuk mengamankan produk UMKM di Kelurahan Ngesrep ini di HKI untuk lebih safety dalam berbisnis”, ungkap Susanto.
Dalam PKM ini Mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen-komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema & konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi serta proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk.