Gus In’am : Pemimpin harus Bertanggung Jawab

Gus In'am : Pemimpin harus Bertanggung Jawab
Gus In'am : Pemimpin harus Bertanggung Jawab

KAMPUSPEDIA.ID – KH In’amuzzahidin MA atau yang sering disapa Gus In’am menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawab salah satunya adalah beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alaa.

Hal tersebut ia sampaikan pada acara Latihan Dasar Kepemimpinan yang digelar UKM Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FOKMI ) Universitas Semarang (USM) di Aula Masjid Baitur Rasyid USM, pada Sabtu (5/3).

“Tanggung jawab kita kepada Allah itu yang paling utama adalah beribadah, hal itu sudah tercantum dalam surah Adz Dzariyat : 56, Allah berfirman Dia menciptakan manusia dan jin semata-mata agar mereka beribadah kepada-Nya,” terang Gus In’am.

BACA JUGA : Himmatisi USM Gelar Webinar Cyber Security

Gus In’am mengatakan bahwa kunci agar merasa ringan dalam menjalankan suatu tanggung jawab adalah dengan menumbuhkan rasa cinta terlebih dahulu.

“Kalau mencintai sesuatu yang telah menjadi tanggung jawab Anda, maka akan terasa ringan mengerjakannya,” ucapnya.

Sementara itu Gus In’am juga menjelaskan bahwa didalam berorganisasi juga demikian, untuk terus menumbuhkan rasa cinta dalam mengurus suatu organisasi.

BACA JUGA : Tingkatkan Persahabatan, USM-PWI Gelar Pertandingan Tenis Lapangan

“Mari kita tumbuhkan rasa cinta kepada Allah dengan melakukan tanggung jawab kepada Allah. Kalau sudah cinta kepada Allah maka mudah menjalankan tanggung jawab kepada Allah. Dalam berorganisasi pun begitu.Sama dengan organisasi kalau cinta dengan organisasi maka akan mudah,” jelas Gus In’am.

Kemudian ia menambahkan bahwa semakin kita melihat kekurangan dan keterbatasan pada diri sendiri maka semakin terlihat kebesaran Allah.

“Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu,”. Yang artinya: Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya,” imbuh Gus In’am.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *